Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat Operasi Hitung Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas IV Mi Salafiyah Ampel Tahun Ajaran 2016/ 2017

Dewi, Ulfi Mustika (2016) Peningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Sifat Operasi Hitung Melalui Strategi Jigsaw Pada Siswa Kelas IV Mi Salafiyah Ampel Tahun Ajaran 2016/ 2017. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
Skripsi.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dan semangat belajar siswa kelas IV MI Salafiyah Ampel terhadap pelajaran Matematika. Salah satu penyebabnya adalah rendahnya antusis siswa terhadap pelajaran matematika dan kurangnya variasi metode pembelajaran, seperti ceramah yang ternyata belum dapat membangkitkan minat siswa dalam pembelajaran, yang pada akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa terhadap materi yang disampaikan. Masalah yang dikaji adalah apakah penerapan strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran Matematika pada siswa kelas IV MI Salafiyah Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian tindakan kelas (class action research) dengan menerapkan strategi jigsaw. Data dalam peneliti ini diambil dengan metode observasi atau melihat perilaku siswa atau nilai proses dalam pelaksanaan pembelajaran dan metode dokumentasi berupa nilai evaluasi siswa. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yakni perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan tindakan membuahkan hasil, berupa peningkatan hasil belajar sifat operasi hitung pada siswa kelas IV MI Salafiyah Ampel Kabupaten Boyolali Tahun Ajaran 2016/2017. Terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Matematika. Pada siklus I nilai yang tuntas sesuai KKM sebanyak 7 siswa atau 50% dan nilai rata-rata yang diperoleh 54, 28. Sedangkan pada siklus II nilai yang tuntas sebanyak 13 Siswa atau 92,85% dan nilai rata-rata yang diperoleh 81, 42. Dengan melihat hasil kedua siklus di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar Matematika materi sifat operasi hitung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:05
Last Modified: 10 Apr 2017 02:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1424

Actions (login required)

View Item View Item