IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI PADA SISWA SMP N 29 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/2022

Rahayu, Septidwi (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DAN MANDIRI PADA SISWA SMP N 29 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SEPTIDWI RAHAYU 23010180098.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Implementasi pendidian karakter religius siswa; 2) Faktor penghambat pendidikan karakter religius siswa; 3) Upaya yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter religius siswa; 4) Implementasi pendidikan karakter mandiri siswa; 5) Faktor penghambat pendidikan karakter mandiri siswa; 6) Upaya yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter mandiri siswa SMP N 29 Purworejo Tahun Ajaran 2021/2022. Peneliti menggunakan jenis pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yaitu dari hasil wawancara dengan beberapa responden dan observasi, dan juga sumber sekunder yang didapat dari beberapa foto terkait dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data menggunakan metode Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan Triangulasi Teknik dan Sumber untuk memperoleh data yang valid. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di SMP N 29 Purworejo terdapat: 1) Implementasi pendidikan karakter religius siswa meliputi kegiatan shalat berjamaah, shalat dhuha, membaca asmaul husna, tadarus, membaca doa, mengucapkan salam, PHBI, dan kegiatan pesantren kilat; 2) Faktor penghambat pendidikan karakter religius siswa yaitu faktor bawaan dan pengaruh dari teman; 3) Upaya yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter religius yaitu dengan memberikan fasilitas yang memadai dan koordinasi antar pihak sekolah; 4) Implementasi pendidikan karakter mandiri siswa yaitu meliputi pembentukan anggota OSIS dan kegiatan Pramuka; 5) Faktor penghambat pendidikan karakter mandiri siswa yaitu kuranganya kesdaran siswa dan rasa malas pada siswa; 6) Upaya yang dilakukan dalam implementasi pendidikan karakter mandiri yaitu dengan mengadakan sosialisai dan melakukan pembinaan pada anggota OSIS.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Jul 2022 20:52
Last Modified: 29 Jul 2022 20:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14242

Actions (login required)

View Item View Item