Manajemen Kantin Kejujuran dalam Upaya Menanamkan Sifat Shidiq pada Siswa SMA N 3 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016

Kamilah, Kummilaila (2016) Manajemen Kantin Kejujuran dalam Upaya Menanamkan Sifat Shidiq pada Siswa SMA N 3 Salatiga Tahun Ajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
MANAJEMEN KANTIN KEJUJURAN PDF.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan manajemen kantin kejujuran dalam upaya penanaman sifat shidiq di SMA N 3 Salatiga. Pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitianini adalah: 1) Bagaimana manajemen kantin kejujuran dalam upaya menanamkan sifat shidiq pada siswa SMA N 3 Salatiga. 2) Problematika yang dihadapi dalam manajemen kantin kejujuran. 3) Dampak kantin kejujuran terhadap penanaman sifat shidiq siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan lapangan (field research) dengan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian adalah siswa, guru PAI, guru BP, guru PKn, Waka Kesiswaan, dan pengelola kantin kejujuran. Temuanpenelitian menunjukkanbahwa 1) manajemen kantin kejujuran belum sempurna dalam menjalankan pedoman pemerintah. Manajemen ini meliputi proses pencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengevaluasian. Perencanaan terdiri dari proses penetapan tujuan, mengikuti workshop yang diadakan oleh dinas pendidikan provinsi Jawa Tengah, proses pendirian kantin, modal awal, letak kantin, dan sistem sosialisasi. Proses pengorganisasian terdiri dari elemen siswa dan guru. Selanjutnya, proses pelaksanaan meliputi pembelanjaan barang, penataan, waktu operasi kantin, sistem self service, dan peran guru PAI serta guru Kewarganegaraan. Terakhir, proses pengevaluasian yang diadakan secara berkala yaitu evaluasi mingguan, bulanan, kuarta, dan semester. Namun, karena kesibukan dari pengelola maka evaluasi setiap hari tidak dapat dilaksanakan.2) Problematika terkait kantin kejujuran terdiri dari problematika terkait siswa yaitu masih ada beberapa siswa yang belum menerapkan kejujuran pada saat berbelanja dan problematika terkait pengelola yaitu waktu KBM yang padat 5 hari kerja membuat pengelola agak terhambat mengikuti perkembangan jenis makanan terkini, sehingga kemampuan memperbanyak variasi makanan sulit dan pengecekan per item untuk digunakan laporan harian susah dilakukan. 3) Dampak kantin kejujuran adalah mendukung terbentuknya sikap jujur siswa, yaitu jujur dalam berbicara, bermuamalah dan berjanji.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:08
Last Modified: 10 Apr 2017 02:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1425

Actions (login required)

View Item View Item