wulandari, Riska (2022) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING PROMPTING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII SMP DHARMA LESTARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
RISKA WULANDARI 23060180026.pdf Download (6MB) |
|
Text
RISKA WULANDARI 23060180026 FIKS_compressed.pdf Download (5MB) |
Abstract
Wulandari, Riska. 2022. Pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dengan media flash card terhadap hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII SMP Dharma Lestari Salatiga tahun pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Prof. Dr. Budiyono Saputro, M.Pd. Kata Kunci: Model Pembelajaran Probing Prompting, Flash card, Hasil Belajar, Sistem Pernapasan Manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran probing prompting dengan menggunakan media flash card terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Dharma Lestari Salatiga tahun 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk one group pretest posttest design yang merupakan sebuah penelitian yang menggunakan tes sebelum dan sesudah dilakukan perlakuan tertentu. Sumber data ini menggunakan soal pretest dan posttest serta angket respon siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas VIIIA SMP Dharma Lestari Salatiga dengan jumlah sampel sebanyak 26 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya keberhasilan belajar siswa pada kelas VIII A materi sistem pernapasan pada manusia telah didapatkan perbedaan rata-rata hasil belajar siswa pada nilai pretest 45,19% dan rata-rata nilai posttest sebesar 81,15% pada kelas VIIIA yang dianalisis dengan menggunakan uji t-test berbantuan program SPSS 22.0 maka diperoleh nilai thitung 22,914 > ttabel 2,095 dan nilai sig. 0,000 < 0,05. Hasil uji korelasi menunjukkan 0,580 dengan nilai sig. sebesar 0,002<0,05 antara dua variabel. Hasil regresi linier sederhana didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,002 dengan persamaan regresi sebagai Y= 63,179+0,398 X. Maka disimpulkan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak yang berarti bahwa penggunaan model pembelajaran probing prompting dan media flash card berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA materi sistem pernapasan pada manusia.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Divisions: | ?? IPA ?? |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Aug 2022 18:16 |
Last Modified: | 01 Aug 2022 14:51 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14258 |
Actions (login required)
View Item |