Kholisoh, Siti (2016) Konsep Pendidikan Perempuan R.A. Kartini dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
skripsi jadi.pdf Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui pendidikan perempuan menurut R.A. Kartini. Pertanyaan utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana pendidikan perempuan menurut R.A. Kartini dalam Buku Habis Gelap Terbitlah Terang? 2) Bagaimana relevansi konsep pendidikan perempuan menurut pemikiran R.A. Kartini dalam konteks kekinian? Penelitian ini bersifat literature (kepustakaan) yang berfokus pada referensi buku dan sumber-sumber yang relevan. Penelitian dilakukan dengan mencermati sumber-sumber tertentu, mencari, menelaah buku-buku, artikel atau sumber lain yang berkaitan dengan R.A. Kartini. Adapun metode pengumpulan data menggunakan Library Research, yaitu penelitian perpustakaan dengan langkah-langkah mengumpulkan buku-buku yang ada relevansinya dengan kajian permasalahan. Dalam hal ini penulis mengumpulkan buku-buku maupun data mengenai Kartini dan pemikiran pendidikan perempuan Kartini. Kemudian mengidentifikasi semua permasalahan yang berkaitan dengan penelitian. Setelah diperoleh data mengenai pendidikan perempuan Kartini, kemudian diidentifikasi berdasarkan rumusan masalah yang ingin dijawab oleh penulis. Dan terakhir menarik suatu kesimpulan sebagai hasil suatu penelitian tentang pokok permasalahan. Dari data-data yang telah diidentifikasi, maka penulis menarik kesimpulan mengenai pendidikan perempuan Kartini. Berdasarkan hasil analisis dapat dirumuskan bahwa pendidikan perempuan menurut R.A. Kartini terbagi dalam 5 konsep, pertama konsep perempuan tempat pendidikan yang pertama, kedua konsep perempuan menjadi pembawa perubahan, ketiga konsep pendidikan itu mendidik budi dan jiwa, keempat konsep pendidikan kesetaraan laki-laki dan perempuan untuk kemajuan bangsa dan terakhir konsep pendidikan untuk cinta tanah air. Kelima konsep pendidikan perempuan menurut R.A. Kartini tersebut relevan dengan pendidikan perempuan dalam konteks kekinian. Hal itu dikarenakan kelima konsep tersebut sesuai dengan keadaan pendidikan perempuan sekarang. Bahkan konsep-konsep tersebut juga sesuai dengan nilai-nilai dalam ajaran Islam. Terbukti dari kelima konsep itu, semuanya sesuai dengan ayat Al-Qur’an, Hadis maupun syair Arab. Sehingga semakin jelaslah bahwa kelima konsep pendidikan perempuan menurut R.A. Kartini juga sesuai dengan ajaran Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 10 Apr 2017 02:25 |
Last Modified: | 10 Apr 2017 02:25 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1427 |
Actions (login required)
View Item |