Pendidikan Sepanjang Hayat dalam Perspektif Islam

Ismiyati, Siti (2016) Pendidikan Sepanjang Hayat dalam Perspektif Islam. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.

[img] Text
SITI ISMIYATI (111-12-025).pdf

Download (3MB)

Abstract

Penulis meneliti tentang konsep pendidikan sepanjang hayat dalam perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pendidikan sepanjang hayat dalam perspektif Islam. Dalam hal ini pertanyaan yang ingin dijawab melalui penelitian ini adalah 1. Bagaimana konsep pendidikan sepanjang hayat dalam perspektif Islam. 2. Bagaimana implikasi pendidikan sepanjang hayat perspektif Islam dalam kehidupan sehari-hari. Untuk menjawab penelitian tersebut penulis menggunakan penelitian library research yaitu penelitian yang dilakukan dengan menggunakan sumber-sumber literatur perpustakaan. Objek penelitian digali lewat beragam informasi kepustakaan berupa Al-Qur’an, hadits, buku, ensiklopedi, jurnal ilmiah, koran, majalah, dan dokumen. Setelah data terkumpul penulis menggunakan lima metode yaitu: 1. Metode deduktif, yaitu apa saja yang dipandang benar pada suatu peristiwa dalam suatu kelas atau jenis, berlaku juga untuk semua peristiwa yang termasuk di dalam jenis itu. 2. Metode induktif, yaitu berangkat dari fakta-fakta yang khusus, peristiwa-peristiwa yang kongkret, kemudian dari peristiwa-peristiwa yang khusus itu ditarik generalisasi-generalisasi yang bersifat umum. 3. Holistic, cara pendekatan terhadap suatu masalah atau gejala dengan memandang masalah atau gejala itu sebagai suatu kesatuan yang utuh. 4. Heuristik adalah teori yang dipergunakan sebagai alat untuk menemukan sumber yang berkenaan dengan gejala atau fakta tertentu dalam penelitian sejarah. 5. Hermeneutik, yaitu metode untuk mencari penjelasan arti atau makna teks (nash) dalam rangka memahami jalan pikiran pengarang atau sesuatu yang disebut dalam teks. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1. Konsep pendidikan sepanjang hayat dalam perspektif Islam adalah pendidikan atau proses belajar yang dilakukan secara terus-menerus berkesinambungan sejak anak dalam kandungan sampai meninggal dunia untuk memperoleh kehidupan yang makmur dan bahagia di dunia dan di akhirat. 2. Implikasi pendidikan sepanjang hayat perspektif Islam dalam kehidupan sehari-hari meliputi pendidikan keluarga, pendidikan sekolah dan pendidikan di lingkungan masyarakat. Dan banyak lembaga-lembaga pendidikan formal, informal, non-formal, maupun program-program pendidikan di masyarakat yang mendukung pelaksanaan pendidikan sepanjang hayat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Apr 2017 02:29
Last Modified: 10 Apr 2017 02:29
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1428

Actions (login required)

View Item View Item