PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA AMPEL KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2021

HAPSARI, BANUN KHOIRUNNISA (2022) PENGEMBANGAN MUTU MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH NURUL HUDA AMPEL KECAMATAN AMPEL KABUPATEN BOYOLALI TAHUN 2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
BANUN KHOIRUNNISA HAPSARI 23010170283.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam skripsi ini adalah mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan pengembangan mutu madrasah, untuk mendeskripsikan dan menganalisis tindak lanjut dan hasil dari perencanaan pengembangan mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian lapangan (field research) dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yang merupakan hasil wawancara dengan kepala sekolah Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel dan guru Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel dan sumber data sekunder yang berupa foto-foto terkait pengembangan mutu madrasah dan kinerja guru, dokumen atau arsip, dan data-data lain yang menunjang penelitian. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan observasi wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, perencanaan pengembangan mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel adalah dengan cara meningkatkan mutu akademik dan mutu religi siswa. Pada peningkatan mutu akademik siswa, pihak madrasah menggunakan cara yaitu dengan pengelolaan sumber daya manusia melalui peningkatan kulaitas guru. Sedangkan dalam meningkatkan mutu religi, pihak madrasah mengadakan kegiatan keagamaan yang menghadirkan guru atau ustaz dari pondok pesantren. Kedua, tindak lanjut yang ditempuh madrasah dalam pelaksanaan pengembangan mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel yaitu dengan cara menggandeng lembaga-lembaga, pelatihan khusus guru dan memberdayakan siswa berprestasi. Ketiga, hasil dari pengembangan mutu madrasah di Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel adalah kepuasan para wali murid yang dinilai dari banyaknya ektrakurikuler yang dimiliki Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel, sarana prasarana yang mencukupi, kualitas guru yang mengajar, dan kualitas lulusan Madrasah Tsanawiyah Nurul Huda Ampel yang mampu bersaing dengan murid dari sekolah lain.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Aug 2022 07:00
Last Modified: 04 Aug 2022 07:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14280

Actions (login required)

View Item View Item