Dewi, Rahmawati Shinta (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR DENGAN MEDIA KOMIK SOUND AND SOURCE DALAMPEMBELAJARAN IPA SUBTEMA 1 MATERI SUMBER BUNYI PADA KELAS IV MI MIFTAHUL FALAH BATUR 01 KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
RAHMAWATI SHINTA DEWI.pdf Download (7MB) |
Abstract
Dewi, Rahmawati Shinta 2022. “Peningkatan Hasil Belajar dengan Media Komik Sound And Source dalam Pembelajaran IPA Subtema 1 Materi Sumber Bunyi pada Siswa Kelas IV MI Miftahul Falah Batur 01 Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Hesti Ariestina, S.Pd.I., M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar,Ilmu Pengetahuan Alam, Media Komik, Sumber Bunyi Penelitian ini dilaksanakan untuk mengarah pada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan minat belajar siswa menggunakan media komik sound and source pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Siswa Kelas IV MI Miftahul Falah Batur Kecamatan Getasan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan untuk memperbaiki proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Langkah-langkah PTK, yaitu sebagai berikut: perencanaan (planning)¸ pelaksanaan (action), pengamatan (observing), dan refleksi (reflection) yang dilakukan dalam dua siklus. Adapun subjek dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV yangberjumlah 23 peserta didik. Berdasarkan analisis data dan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa media komik sound and source dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi sumber bunyi pada peserta didik kelas IV semester I (ganjil) MI Miftahul Falah Batur 01 Kecamatan Getasan Tahun Pelajaran 2021/2022. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pra siklus terdapat 9siswa (39,13%) siswa yang mencpai niai indikator keberhasilan dan 14 siswa (60,68%) yang beum mencapai indikator keberhasilan yang telah di tetapkan. Penelitian tindakan kelas pada siklus I peserta didik yang mencapai nilai indikator keberhasilan sebanyak 13 peserta didik atau (56,52%) dari 85% dan yang tidak tuntas indikator keberhasilan sebanyak 10 peserta didik dari 23 peserta didik atau (43, 47%) dari 85% dengan nilai rata-rata 65,3. Sementara itu, siklus II terdapat peserta didik sebanyak 20 peserta didik dari 23 peserta didik atau (86,95%) dari 85% dan yang tidak mencapai indikator keberhasilan sebanyak 3 peserta didik dari 23 peserta didik atau (13,04%) dari 85% dengan nilai rata-rata peserta didik 70,7. Hasil angket respon peserta didik bahwasanya mereka menyukai mediapembelajaran komik sound and source yang digunakan untuk meningkatkan hasilbelajar yangg berlangsung dengan ditunjukkan hasil persentase angket respon peserta didik sebesar 86%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Aug 2022 15:05 |
Last Modified: | 05 Aug 2022 09:31 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14293 |
Actions (login required)
View Item |