PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MATERI PELAJARAN PUISI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL FALAH BATUR 01 DUSUN BATUR WETAN DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FAUZIAH, WAKHIDATUL LIVA (2022) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING DALAM MATERI PELAJARAN PUISI BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH MIFTAHUL FALAH BATUR 01 DUSUN BATUR WETAN DESA BATUR KECAMATAN GETASAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
WAKHIDATUL LIVA FAUZIAH 23040180057 SKRIPSI FIKS.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan dalam proses pembelajaran yang dialami oleh guru dan siswa. Keaktifan dan hasil belajar siswa menurun terutama pada pelajaran bahasa Indonesia materi puisi dikarenakan model pembelajaran yang digunakan guru monoton sehingga membuat siswa menjadi bosan dan tidak tertarik dengan pembelajaran. Oleh karena itu, peneliti memberikan saran kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching guna meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching serta untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi kelas IV MI Miftahul Falah Batur 01. Penelitian ini termasuk dalam penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan metode pengumpulan data pengamatan, tes, wawancara, dan dokumentasi. Lokasi penelitian bertempat di MI Miftahul Falah Batur 01 Kec. Getasan Kab. Semarang. Waktu penelitian dari tanggal 4 April 2022 s/d 18 April 2022. Hasil penelitian diketahui bahwa hasil keaktifan siswa pada siklus I mendapat indeks 70 %, sedangkan pada siklus II telah memenuhi indeks sebesar 90 %. Hasil belajar siswa pada pra siklus 43% (10 siswa) yang memenuhi nilai KKM, sedangkan 57% (13 siswa) belum memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 68. Setelah penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching meningkat pada siklus I 70% (16 siswa) mencapai KKM, 30% (7 siswa) belum memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 71. Namun hasil tersebut belum memenuhi indikaor keberhasilan. Oleh karena itu, penggunaan model dilanjutkan pada siklus II dengan hasil peningkatan 91% (21 siswa) memenuhi KKM, 9% (2 siswa) belum memenuhi KKM dari siklus I ke siklus II. Dapat dilihat dari hasil presentase tersebut terbukti bahwa model pembelajaran Quantum Teaching dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan mata pelajaran bahasa Indonesia materi puisi pada siswa kelas IV MI Miftahul Falah Batur 01 tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Aug 2022 16:54
Last Modified: 05 Aug 2022 16:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14295

Actions (login required)

View Item View Item