, Mulia Utami (2022) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV,V MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Mulia Utami 23040180130 fixx...pdf Download (4MB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kedisiplinan belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) Mengetahui gaya belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) Mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (4) mengetahui hubungan antara kedisiplinan dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (5) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (6) mengetahui hubungan antara kedisiplinan dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/202. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda dan signifikansi koefisien korelasi ganda dengan bantuan SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait sebanyak 57 siswa atau berada pada kategori sedang (57%), (2) Gaya Belajar siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda sebagian besar mempunyai gaya belajar kinestetik sebesar 49,2%, (3) Hasil belajar matematika kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait sebanyak 43 siswa atau berada pada kategori sedang (68,3%), (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05, (5) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,551 > 0,05, (6) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kedisiplinan dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi ganda sebesar (R) sebesar 0,309 dengan interpretasi tingkat hubungan yang rendah, kemudian diuji signifikannya menggunakan uji F dimana nilai F hitung 3,162 > F tabel 3,15, artinya apabila kedisiplinan dan gaya belajar siswa semakin tinggi dan bagus maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Aug 2022 18:25 |
Last Modified: | 22 Aug 2022 13:46 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14317 |
Actions (login required)
View Item |