PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII MTs YASPI PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Ariyanti, Yanti (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR PADA SISWA KELAS VIII MTs YASPI PAKIS KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
YANTI ARIYANTI (23070180020) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang muncul pada suatu kelas pada mata pelajaran matematika. Berdasarkan observasi yang dilakukan didapatkan permasalahan yaitu hasil belajar yang rendah dikarenakan siswa merasa bosan dengan model pembelajaran yang digunakan selama ini. Sehingga perlu adanya penerapan model pembelajaran yang baru dengan media pembelajaran yang menarik untuk menarik minat siswa belajar, seperti yang diusulkan penulis yakni model Think Talk Write (TTW) dengan media pembelajaran video. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: Apakah Penerapan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) dengan Media Pembelajaran Video dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi bangun ruang sisi datar pada siswa kelas VIII A MTs Yaspi Pakis Kabupatem Magelang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian yaitu siswa kelas VIII A Mts Yaspi Pakis sejumlah 26 siswa dengan guru pengampu mata pelajaran matematika. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi siswa dan guru, tes tertulis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan cara observasi tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan membandingkan skor nilai setiap individu siswa dengan kriteria ketuntasan minimal yaitu 70. Ketuntasan klasikal yang diharapkan yaitu presentase ketuntasan lebih dari 85%. Hasil belajar siswa pada pra siklus siswa yang tuntas sebanyak 4 siswa atau 15,4% dan yang belum tuntas sebanyak 22 siswa atau 84,6% dengan nilai rata-rata 43,54. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa atau 42,3% dan yang tidak tuntas sebanyak 15 siswa atau 57,7% dengan nilai rata-rata 55,7. Sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas 23 siswa atau 88,5% dan yang belum tuntas sebanyak 3 siswa atau 11,5% dengan nilai rata-rata 82,81. Dalam pencapaian ketutasan klasikal pada siklus II sebanyak 88,5% atau 23 siswa yang tuntas. Jadi dari pra siklus yaitu 15,4% ke siklus I 42,3% sehingga meningkat 26,9% dan dari siklus I 42,3% ke siklus II yaitu 88,5% meningkatnya 46,2%. Maka siklus diberhentikan dan dinyatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2022 02:03
Last Modified: 09 Aug 2022 19:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item View Item