EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA BUATAN (HAND-MADE 2D/3D) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII MTs YAKTI TEGALREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Handayani, Nurmala (2022) EFEKTIVITAS METODE DEMONSTRASI BERBANTUAN MEDIA BUATAN (HAND-MADE 2D/3D) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA KELAS VIII MTs YAKTI TEGALREJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NURMALA HANDAYANI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui deskripsi hasil belajar peserta didik menggunakan metode pembelajaran konvensional materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII MTs YAKTI Tegalrejo tahun pelajaran 2021/2022 (2) mengetahui deskripsi hasil belajar peserta didik menggunakan metode demonstrasi berbantuan media buatan (Hand-made 2D/3D) materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII MTs YAKTI Tegalrejo tahun pelajaran 2021/2022 (3) mengetahui efektivitas metode demonstrasi berbantuan media buatan (Hand-made 2D/3D) terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII MTs YAKTI Tegalrejo tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode quasi eksperimen dan Control Group Pretest-Posttest Design Penelitian melibatkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Populasi penelitian yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTs YAKTI Tegalrejo. Pengambilan sampel dengan Purposive sampling, kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Instrumen pada penelitian yaitu soal yang sudah diuji keabsahannya dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya beda soal. Metode yang digunakan untuk mengambil data yaitu dengan Pretest dan Posttest. Hasil data penelitian dianalisis menggunakan sistem program SPSS 22.0 yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji t-test (Independent Sample T-Test). Hasil penelitian hasil belajar peserta didik materi sistem pernapasan pada manusia diperoleh nilai rata-rata pretest kelas kontrol dan kelas ekserimen yaitu 55,65 dan 69,48. Nilai posttest kelas eksperimen (83,31) ˃ kelas kontrol (61,71). Hal tersebut dibuktikan melalui analisis uji hipotesis yaitu uji t-test (Independent Sample T-test). Berdasarkan uji Independents Sample T-Test diperoleh nilai t hitung 10,169 ˃ t tabel 2,034 dan nilai signifikasi (0,000) ˂ 0,05 sehigga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian metode demonstrasi berbantuan media buatan (Handmade 2D/3D) efektif terhadap hasil belajar peserta didik materi sistem pernapasan pada manusia kelas VIII MTs YAKTI Tegalrejo tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2022 03:37
Last Modified: 10 Aug 2022 10:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item