Strategi Guru dalam Pembinaan Karakter Religius dan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022

sarirroturrohmah, Siti (2022) Strategi Guru dalam Pembinaan Karakter Religius dan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Islam Al Azhar 18 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
fiks Naskah Siti Sarirroturrohmah.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sarirroturrohmah. Siti. 2022. “Strategi Guru dalam Pembinaan Karakter Religius dan Kedisiplinan Belajar Siswa di SMP Al-Azhar 18 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Bahroni, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru, Karakter Religius, Kedisiplinan Belajar Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) strategi guru dalam pembinaan karakter religius di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga, (2) strategi guru dalam pembinaan kedisiplinan belajar siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga, dan (3) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam strategi guru dalam pembinaan karakter religius dan kedisiplinan belajar siswa di SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam penelitian ini diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dilakukan analisis data dengan cara mendeskripsikan data dari informan, mereduksi data sesuai dengan kebutuhan penelitian, selanjutnya dianalisis oleh peneliti, dan yang terakhir disimpulkan untuk menjawab tujuan dari penelitian. Pada penelitian ini informan berjumlah 9 orang yaitu Kabid Keagamaan, Kabid Kemuridan, Wali kelas VIIB, Wali Kelas VIIIA, Wali Kelas IXA, Guru Al-Qur’an, dan 3 siswa SMP Islam Al-Azhar 18 Salatiga. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:  (1) strategi guru dalam pembinaan karakter religius antara lain, yaitu: metode keteladanan, metode pembiasaan, metode perhatian/pengawasan, dan metode hukuman., (2) strategi guru dalam pembinaan kedisiplinan belajar siswa  antara lain, yaitu: metode otoriter, metode permisif, dan metode demokratis., dan  (3) faktor pendukung dan penghambat strategi guru dalam pembinaan karakter religius dan kedisiplinan belajar siswa meliputi: (a) faktor pendukung dalam pembinaan karakter religius antara lain, yaitu lingkungan sekolah, sarana prasarana, dan peran guru agama. Adapun faktor penghambat strategi guru dalam pembinaan karakter relgius antara lain, yaitu perbedaan individu, kurangnya kesadaran siswa, dan latar belakang keluarga siswa., (b) faktor pendukung strategi dalam pembinaan kedisiplinan belajar siswa antara lain, yaitu keteladanan, hukuman atau ganjaran, dan lingkungan. Adapun faktor penghambat strategi dalam pembinaan kedisiplinan belajar siswa antara lain, yaitu gaya hidup, rasa, dan minat belajar siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2022 15:15
Last Modified: 10 Aug 2022 15:15
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14344

Actions (login required)

View Item View Item