KARAKTERISTIK SETAN DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN ATAS PEMIKIRAN IMAM SYAFI’I AL-KHAZIN DALAM KITAB TAFSIR LUBAB AL-TA’WIL FI MA’ANI AL-TANZIL)

aufillah, Rihma (2022) KARAKTERISTIK SETAN DALAM AL-QUR’AN (KAJIAN ATAS PEMIKIRAN IMAM SYAFI’I AL-KHAZIN DALAM KITAB TAFSIR LUBAB AL-TA’WIL FI MA’ANI AL-TANZIL). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dalam skripsi ini telah dilatar belakangi ketika peneliti melihat banyaknya kemaksiatan yang ada, kejahatan, serta kedurhakaan yang ada dikehidupan ini. Kemaksiatan serta kejahatan bertebaran kemana-mana, sifat seperti itu ada yang menganggap bahwa mereka tanpa sadar. Perilaku kejahatan kecil atau kemaksiatan kecil yang manusia lakukan ada yang menyebutkan bahwa itu keinginan. Manusia tanpa sadar bahwa dalam diri mereka ada setan yang selalu membisikkan dengan rayuannya. Skripsi ini bertujuan agar manusia tahu karakteristik dari setan yang sesungguhnya, setan dalam kehidupan itu seperti apa pemahamannya, karakteristik setan menurut Imam Syafi’I Al-Khazin dalam kitabnya Tafsir Al-Khazin. Penulis menggunakan tafsir ini karena jarang ditemukan dari peneliti lain yang mengkaji Kitab Tafsir ini. Didalam kitab ini beliau menggunakan banyak hal tafsiran, isra’iliyat sebab beliau ialah seorang ahli tafsir dan juga sejarawan. Dalam penelitian ini penulis memfokuskan kepada ayat-ayat tentang kata setan yang meliputi relevansi setan dalam kehidupan yang diambil dari kisah Adam dan Siti Hawa. Penelitian ini menggunakan metode library Research (kepustakaan) dan metode kata yakni dengan memaknai kata yang akan diteliti. Langkah yang digunakan ialah data kualitatif dengan mengumpulkan serta menampilkan data yang dibutuhkan dari berbagai sumber dan kemudian menghasilkan sebuah kesimpulan. Sumber primer yang digunakan dalam penelitian ini yakni Tafsir Al-Khazin karya dai Imam Syafi’I Al-Khazin. sebagai pendukung untuk penelitian ini penulis mencari dari buku-buku, artikel, skripsi, maupun jurnal lainnya. Key words: Setan, Tafsir Lubab al-Ta’wil fi Ma’ani al-Tanzil, Karakteristik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Alqur'an
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2022 15:43
Last Modified: 15 Aug 2022 15:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14400

Actions (login required)

View Item View Item