ANALISIS PERATURAN BUPATI SEMARANG NOMOR 30 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PRESPEKTIF MASLAHAH DHARURIYAH (Studi Kasus Pelayanan Publik Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang)

Salima, Dias Nokhi Nur (2022) ANALISIS PERATURAN BUPATI SEMARANG NOMOR 30 TAHUN 2013 TENTANG PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK PRESPEKTIF MASLAHAH DHARURIYAH (Studi Kasus Pelayanan Publik Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Dias Nokhi Nur Salima.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata kunci: Pelayanan publik online, Dispendukcapil, Maslahah Mursalah Sebagai salah satu pelaksana pelayanan publik, Dispendukcapil Kabupaten Semarang dituntut untuk memberikan pelayanan publik online yang berkualitas sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat Kabupaten Semarang. Dalam kondisi pandemi Covid-19 menjadi suatu pelayanan online yang efektif Pelayanan Kependudukan Melalui Sipendukonline (Sistem Pelayanan Kependudukan Online) Kabupaten Semarang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses Pelayanan Online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Semarang di Masa Pandemi, untuk menganalisis kendala dan kelebihan mengenai Pelayanan publik Online serta Memberikan suatu tinjauan dari perspektif Marslahah Murshalah terhadap Peraturan Bupati Semarang Nomor 30 Tahun 2013 pasal (8) dan (9) tentang pelayanan publik di Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara melakukan kegiatan wawancara dan observasi. Teknik pemilihan subjek atau informan ditentukan berdasarkan kriteria yang memiliki pengetahuan dan pengalaman tentang tema penelitian, serta mampu memberikan informasi secara pasti dan dapat dipercaya sehingga hasil dari penelitian tersebut dapat dipertanggungjawabkan. Hasil penelitian yaitu proses pelayanan publik online di Dispendukcapil Kabupaten Semarang sesuai standar operasional yang berlaku. Sipendukonline membantu masyarakat menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu datang ke Kantor Dispendukcapil demgan meluncurkan pemanfaatan teknologi bernama GISA, untuk layanan administrasi kependudukan via online. Kelebihannya masyarakat tidak perlu antri, kelemahan dan kendalanya kurangnya sosialisasi untuk Sipendukonline sehingga masyarakat kurang memahami dan masih meragukan keabsahan data yang diinput. Tinjauan Peraturan Bupati No 30 Tahun 2013 ini tidak sesuai yang diharapkan seperti dalam pasal 9 ayat 2, karena ternyata kepengurusan administrasi berbelit-belit, tidak sederhana, dan masyarakat masih kesulitan mengakses secara online. Tinjauan Maslahah Murshalah terhadap pelayanan online di Kabupaten Semarang telah sesuai karena termasuk Maslahah Murshalah Dharuriyah telah membantu melancarkan warga dalam mengurus administrasi kependudukan di masa pandemi, sehingga warga Kabupaten Semarang tetap bisa terjaga kesehatannya dan meminimalisir resiko penularan dan penyebaran virus Covid 19. 

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2022 17:39
Last Modified: 15 Aug 2022 17:39
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14408

Actions (login required)

View Item View Item