PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MATERI KHULAFAUR RASYIDIN MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DAN PROBING PROMPTING SISWA KELAS VII B MTS ASWAJA TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

HAQ, M. FALIH BARROQUL (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MATERI KHULAFAUR RASYIDIN MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DAN PROBING PROMPTING SISWA KELAS VII B MTS ASWAJA TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
M. FALIH BARROQUL HAQ (23010180213) PAI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Haq, M. Falih Barroqul. 2022. Peningkatan Hasil Belajar SKI Materi Khulafaur Rasyidin Melalui Metode Group Investigation dan Probing Prompting Siswa Kelas VII B MTs Aswaja Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar; SKI; Metode Group Investigation dan Probing Prompting. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar SKI Materi Khulafaur Rasyidin Melalui Metode Group Investigation dan Probing Prompting Siswa Kelas VII B MTS Aswaja Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individual peserta didik mendapat nilai di atas KKM yaitu 73 atau ketuntasan secara klasikal peserta didik di kelas mencapai 85 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Group Investigation dan Probing Prompting dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI Materi Khulafaur Rasyidin siswa kelas VII B MTs Aswaja Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil ini terlihat dari 16 peserta didik sebelum diterapkannya metode Group Investigation dan Probing Prompting yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 7 peserta didik atau 43,75% dengan rata-rata 66,87. Kemudian setelah diterapkannya Group Investigation dan Probing Prompting pada pembelajaran siklus I, jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11 atau 68,75% dengan nilai rata-rata 68,75%. Hasil ini mengalami peningkatan sebesar 25%. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 15 atau 93,75% dengan nilai rata-rata 85.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2022 19:48
Last Modified: 15 Aug 2022 13:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14416

Actions (login required)

View Item View Item