STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA PADA KENORMALAN BARU DI SMPLB BC BINA PUTERA AMBARAWA TAHUN AJARAN 2021/2022

ningsih, nur susilo (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN SIKAP RELIGIUS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA TUNAGRAHITA PADA KENORMALAN BARU DI SMPLB BC BINA PUTERA AMBARAWA TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
NUR SUSILO NINGSIH 23010180207.pdf

Download (2MB)

Abstract

Nur Susilo Ningsih. 2018. Strategi Guru dalam Meningkatkan Sikap Religius dan Motivasi Belajar Siswa Tunagrahita pada Kenormalan Baru di SMPLB BC Bina Putera Ambarawa Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Strategi, Sikap Religius, Motivasi belajar Tujuan penelitian adalah: 1.Untuk mendeskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap religius siswa tunagrahita pada kenormalan baru. 2. Untuk mendiskripsikan strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa tunagrahita pada kenormalan baru. 3. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dalam meningkatkan sikap religius dan motivasi belajar siswa tunagrahita pada kenormalan baru. 4. Untuk mendeskripsikan faktor penghambat dalam meningkatkan sikap religius dan motivasi belajar siswa tunagrahita pada kenormalan baru. Penelitian merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, Kepala Sekolah, Staf Tata Usaha, siswa SMPLB BC Bina Putera Ambarawa. Adapun analisis data dengan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian adalah: 1. Strategi guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan sikap religius dengan membiasakan siswa berkomitmen terhadap perintah dan larangan agama, mengajak siswa bersemangat mengkaji agama dan aktif dalam kegiatan keagamaan, membiasakan siswa menghargai simbol keagamaan dan akrab dengan kitab suci, siswa dibiasakan untuk melibatkan Allah SWT dalam menenetukan pilihan, guru Pendidikan Agama Islam membiasakan siswa bersikap jujur, adil, bermanfaat bagi orang lain, rendah hati dan disiplin tinggi. 2. Dalam meningkatkatkan motivasi belajar guru memberikan dorongan mental dan tingkah laku serta mengarahkan perilaku belajar siswa. 3. Faktor pendukung peningkatan sikap religius siswa yaitu komunikasi antara guru dan orang tua siswa yang sehat, keterbukaan siswa dan semangat siswa dalam mengkaji agama. Sarana dan prasarana yang memadai. 4. Faktor penghambat dalam menigkatkan sikap religius yaitu pembatasan kegiatan keagamaan di masyarakat, emosi siswa yang kurang stabil, lingkungan tempat tinggal siswa yang kurang mendukung, dan juga ada beberapa siswa yang kurang perhatian kepada anaknya karena beberapa urusan pekerjaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2022 19:56
Last Modified: 16 Aug 2022 14:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14417

Actions (login required)

View Item View Item