PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MATERI KEMAJUAN PERADABAN ISLAM MASA DINASTI AYYUBIYAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DAN SCRAMBLE SISWA KELAS VIII B MTS ASWAJA TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

HAQ, M. FALAH BARROQUL (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SKI MATERI KEMAJUAN PERADABAN ISLAM MASA DINASTI AYYUBIYAH MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION DAN SCRAMBLE SISWA KELAS VIII B MTS ASWAJA TENGARAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
M. FALAH BARROQUL HAQ (23010180214) PAI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Haq, M. Falah Barroqul. 2022. Peningkatan Hasil Belajar SKI Materi Kemajuan Peradaban Islam Masa Dinasti Ayyubiyah Melalui Metode Group Investigation dan Scramble Siswa Kelas VIII B MTs Aswaja Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I. Kata Kunci: Hasil Belajar; SKI; Metode Group Investigation dan Scramble. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar SKI Materi Kemajuan Peradaban Islam Masa Dinasti Ayyubiyah Melalui Metode Group Investigation dan Scramble Siswa Kelas VIII B MTS Aswaja Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklusnya melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi, observasi, dan tes. Indikator keberhasilan pada penelitian ini adalah secara individual peserta didik mendapat nilai di atas KKM yaitu 73 atau ketuntasan secara klasikal peserta didik di kelas mencapai 85 %. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode Group Investigation dan Scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran SKI Materi Kemajuan Peradaban Islam Masa Dinasti Ayyubiyah siswa kelas VIII B MTs Aswaja Tengaran Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Hasil ini terlihat dari 12 peserta didik sebelum diterapkannya metode Group Investigation dan Scramble yang mendapat nilai di atas KKM sebanyak 5 peserta didik atau 41,67% dengan rata-rata 63,75. Kemudian setelah diterapkannya Group Investigation dan Scramble pada pembelajaran siklus I, jumlah peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 8 atau 66,67% dengan nilai rata-rata 75,83. Hasil ini mengalami peningkatan sebesar 25%. Pada siklus II peserta didik yang mencapai KKM sebanyak 11 atau 91,67% dengan nilai ratarata 85.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Kebudayaan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 15 Aug 2022 20:05
Last Modified: 15 Aug 2022 13:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14418

Actions (login required)

View Item View Item