TINJAUAN HUKUM ISLAM ATAS PRAKTIK JUAL BELI PERUMAHAN SYARIAH DENGAN SISTEM KREDIT TANPA PERBANKAN (Studi Pada Perumahan Taylon Syariah Kabupaten Pati)

MISHBAH, KHAIRUL (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM ATAS PRAKTIK JUAL BELI PERUMAHAN SYARIAH DENGAN SISTEM KREDIT TANPA PERBANKAN (Studi Pada Perumahan Taylon Syariah Kabupaten Pati). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi mishbah11.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Mishbah, Khairul. 2022. Tinjauan Hukum Islam Atas Praktik Jual Beli Perumahan Syariah Dengan Sistem Kredit Tanpa Perbankan (Studi Pada Perumahan Taylon Syariah Kabupaten Pati). Skripsi. Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syari’ah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Dr. Tri Wahyu Hidayati, M.Ag. Kata Kunci : Perumahan Syariah, Kredit Tanpa Perbankan, Ba’i Al-Taqsith. Kepemilikan rumah layak huni adalah sebagai salah satu wujud pemenuhan kebutuhan pokok manusia. Atas dasar itu banyak developer yang menawarkan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) sebai bentuk kemudahan. Kemunculan KPR menjadikan beberapa inovasi dari developer perumahan yang akad maupun sistemnya disesuaikan dengan permintaan konsumen dan kesesuain dengan syariat agama Islam. Mulai dari KPR dengan mitra pengembang bank konvensional, kemdian muncul bank syariah sebagai mitra pengembang, dan yang mulai berkembang ada KPR Syariah yang tidak kerjasama dengan mitra pengembang. KPR Syariah tanpa perbankan tersebut sebagai bentuk respon atas adanya permintaan masyarakat yang bekerja pada sektor nonfoxed incom, dan beberapa orang yang unbankable, dengan tetap memenuhi sistem pembiayaan sesuai dengan syariat agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam atas Praktik jual beli perumahan syariah dengan Sistem Kredit tanpa perbankan pada Perumahan Taylon Syariah Kabupaten Pati)). Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan melakukan penelitian lapangan, serta menggunakan pendekatan yuridis normatif. Sumber data diperoleh dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan pola deskriptif analisis yakni memaparkan semua data dan informasi yang diperoleh kemudian menganalisa data dengan berpedoman dengan sumber- sumber tertulis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Untuk pembelian rumah pada Perumahan Taylon Syariah menggunakan sistem kredit menuntut pembuatan suatu perjanjian jual beli. Dalam perjanjiannya pihak pertama mengikatkan diri dengan pihak kedua untuk menyerahkan benda (rumah) selama waktu tertentu karena telah terjadi proses pembelian, dengan sistem pembayaran pembelian rumah tersebut dengan mengangsur. Tetapi ada beberapa perbedaan dengan kredit pemilikan rumah yang menggandeng pihak perbankan. Antara lain Pada pihak yang berakad, sistem cicilan yang lebih, tidak adanya denda dan sita apabila terlambat membayar atau tidak dapat melanjutkan pembayaran, dan tidak adanya proses BI Checking. (2) Transaksi jual beli kredit pada Perumahan Taylon Syariah secara jelas di perbolehkan dan sesuai dengan syariathukum Islam, karena dalam setiap berjalannya transaksi telah terpenuhi syarat-syarat, rukun, kebebasan (tanpa adanya paksaan) dalam pembuatan dan pelaksanaan perjanjian dan tidak ada unsur riba ataupun akad bathil serupa didalamnya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2022 13:09
Last Modified: 16 Aug 2022 06:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14426

Actions (login required)

View Item View Item