PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AL-QUR'AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP DENGAN METODE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI KAHOOT PADA SISWA SMK NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ARDIANSYAH, MUSLIH (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI AL-QUR'AN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP DENGAN METODE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA APLIKASI KAHOOT PADA SISWA SMK NU SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Muslih Ardiansyah 23010180198 Skripsi.pdf

Download (5MB)

Abstract

Ardiansyah, Muslih. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Al-Qur’an Sebagai Pedoman Hidup Melalui Aplikasi Kahoot Dan Metode Snowball Throwing Pada Siswa Kelas Xi Tata Busana di SMK NU Suruh Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci: hasil belajar; pendidikan Agama Islam; Snowball Throwing; Kahoot!; Al-Qur’an sebagai pedoman hidup Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi Al-Qur’an sebagai pedoman hidup menggunakan metode Snowball Throwing dan media aplikasi Kahoot! pada kelas XI Tata Busana SMK NU Suruh tahun pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terselesaikan dalam 3 siklus yaitu siklus I, siklus II dan siklus III. Dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah Snowball Throwing dan media aplikasi Kahoot!. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Persentase ketuntasan belajar, menyatakan telah berhasil mencapai batas keberhasilan klasikal 85% dengan nilai KKM ≥ 75. Hasil penelitian menunjukkan metode Snowball Throwing yang dipadukan dengan media aplikasi Kahoot! dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada materi “Al-Qur’an sebagai pedoman” kelasXI Tata Busana SMK NU Suruh tahun pelajaran 2021/2022. Peningkatan hasil belajar dari pra siklus ke siklus I sebesar 28,12%, dan dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 34,38%, dan dari siklus II ke siklus III meningkat sebesar 9.3%. Pada pra siklus siswa yang tuntas 8 siswa (25%) dengan nilai rata-rata 61,9. Pada siklus I terdapat 17 siswa (53,12%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 74,5 karena siswa tidak menguasai metode dan media pembelajaran yang baru diterapkan. Selanjutnya pada siklus II ada 28 siswa (87,50%) siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata 79,5. Sedangkan pada siklus III peserta didik yang tuntas sebanyak 31 siswa atau 96,8% dengan nilai rata-rata 82,6.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Aug 2022 20:46
Last Modified: 16 Aug 2022 13:49
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14443

Actions (login required)

View Item View Item