ANALISIS PENGARUH INFLASI, NILAI KURS DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL DENGAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2020)

Rohmawati, Ari (2022) ANALISIS PENGARUH INFLASI, NILAI KURS DAN TINGKAT BAGI HASIL TERHADAP PEMBIAYAAN BERBASIS BAGI HASIL DENGAN DANA PIHAK KETIGA (DPK) SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Pada Bank Umum Syariah di Indonesia Periode 2016-2020). [UNSPECIFIED]

[img] Text
ARI ROHMAWATI SKRIPSI 63010180197.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan adalah untuk mengetahui pengaruh inflasi, kurs, dan tingkat bagi hasil terhadap pembiayaan bagi hasil yang meliputi pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah dengan Dana Pihak Ketiga (DPK) sebagai variabel moderasi pada bank umum syariah tahun 2016 hingga 2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data sekunder berbentuk data panel yang meliputi inflasi, nilai tukar Rupiah terhadap Dollar AS di Indonesia periode 2016 sampai 2020, tingkat bagi hasil yang diberikan kepada nasabah, jumlah pembiayaan mudharabah dan pembiayaan musyarakah, serta dana pihak ketiga Bank Umum Syariah. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan alat bantu aplikasi Eviews versi 9. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi mampu memengaruhi pembiayaan bagi hasil secara negatif signifikan dan tingkat bagi hasil mampu mempengaruhi pembiayaan bagi hasil secara positif signifikan. Sedangkan kurs tidak mampu mempengaruhi pembiayaan bagi hasil. Dana pihak ketiga tidak mampu memoderasi inflasi terhadap pembiayaan bagi hasil. Dana pihak ketiga tidak mampu memoderasi kurs terhadap pembiayaan bagi hasil. Namun, dana pihak ketiga mampu memoderasi tingkat bagi hasil terhadap pembiayaan bagi hasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2022 21:47
Last Modified: 18 Aug 2022 19:30
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14471

Actions (login required)

View Item View Item