PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI ARROSYAD BERGAS LOR TAHUN PELAJARAN 2021/2022

ALMAHDI, ACHMAD ARIF (2022) PENGARUH GERAKAN LITERASI SEKOLAH (GLS) TERHADAP KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV MI ARROSYAD BERGAS LOR TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Achmad Arif Almahdi_23040180072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Almahdi, Achmad Arif. 2022. Pengaruh Gerakan Literasi Sekolah (GLS) terhadap Keterampilan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas IV MI Arrosyad Bergas Lor Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Khulatul Lutfiah, M.Pd.I. Kata kunci: Gerakan literasi sekolah dan keterampilan berbahasa Indonesia Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui apakah gerakan literasi sekolah (GLS) berpengaruh terhadap keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas IV MI Arrosyad Bergas Lor tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini memanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen. Desain yang digunakan adalah Quasi Experimental Design dengan bentuk Nonequivalent Control Group Design. Pelaksanaan penelitian dengan membagi dua kelompok menjadi kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gerakan literasi sekolah (GLS) berpengaruh terhadap keterampilan berbahasa Indonesia siswa kelas IV MI Arrosyad Bergas Lor tahun pelajaran 2021/2022. Nilai signifikansi antara variabel Gerakan Literasi Sekolah (X) terhadap variabel Keterampilan Berbahasa Indonesia (Y) adalah sebesar 0,002. Nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,002 < 0,05). Artinya secara simultan dapat disimpulkan bahwa variabel Gerakan Literasi Sekolah (X) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel Keterampilan Berbahasa Indonesia (Y). Nilai koefisiensi determinasi antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 0,247. Nilai tersebut menandakan besarnya pengaruh gerakan literasi sekolah (GLS) terhadap keterampilan berbahasa Indonesia adalah 24,7%. Kesimpulan yang bisa diambil adalah Ha dapat diterima dan H0 ditolak.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Aug 2022 22:58
Last Modified: 18 Aug 2022 16:02
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14473

Actions (login required)

View Item View Item