BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI HUSNUDZON UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 KOTA SRAGEN

Kirana, Mania Haswa Nanda (2022) BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI HUSNUDZON UNTUK MENINGKATKAN PENERIMAAN DIRI SISWA KELAS VIII DI MTs NEGERI 5 KOTA SRAGEN. [UNSPECIFIED]

[img] Text
nandaaaa fiks.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kirana, Mania Haswa Nanda. 2022. Bimbingan Klasikal Dengan Terapi Husnudzon Untuk Meningkatkan Penerimaan Diri Siswa Kelas VIII di MTs Negeri 5 Kota Sragen. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Dr. Wahidin, M.Pd. Kata Kuci: Bimbingan Klasikal, Terapi Husnudzon, Penerimaan Diri Tujuan penelitian ini diantaranya: 1) untuk mengetahui kondisi penerimaan diri siswa, 2) untuk mendiskripsikan pelaksanaan layanan bimbingan dengan terapi husnudzon dapat meningkatkan penerimaan diri siswa, dan 3) untuk menganalisis efektifitas layanan bimbingan dengan terapi husnudzon meningkatkan penerimaan diri siswa . Jenis penelitian ini menggunakan desain one grup pretest and posttest dengan pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Teknik pengambilan data penelitian ini adalah dengan menggunakan angket dan dokumentasi pada subjek. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 5 Kota Sragen dengan populasi 70 dan sampelnya sebanyak 30 siswa. Hasil penelitian ini menemukan bahwa kondisi awal penerimaan diri siswa menunjukkan 90% dalam kategori sedang dan 10% dalam kategori tinggi. Setelah diberikan treatment meningkat dari 10% menjadi 23% dalam kategori tinggi. Pelaksanaan bimbingan klasikal dengan terapi husnudzon berlangsung sebanyak 4 kali pertemuan, setelah menemukan sample sebanyak 30 siswa kemudian diberikan treatment sebanyak 4 kali. Setelah selesai penelitian, hasilnya menunjukkan bahwa penggunaan layanan bimbingan klasikal dengan terapi husnudzon dapat meningkatkan penerimaan diri siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil sesudah diberikan layanan yang awalnya dalam kategori sedang dengan interval 49-64 dengan ketercapaian 100% menjadi meningkat dalam kategori tinggi dengan interval 65-80 dengan angka ketercapaian 100%. Selain itu, dibuktikan juga dengan hasil uji paired sample test diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) untuk pre-test dan post-test yaitu 0,025 < 0,05 maka Ho: ditolak dan Ha: diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 19 Aug 2022 01:58
Last Modified: 22 Aug 2022 10:57
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14474

Actions (login required)

View Item View Item