KHASANAH, ILMILIA NURUL (2022) PEMBINAAN SIKAP TAWASUTH DAN TOLERANSI PADA SISWA SMK NEGERI 3 SALATIGA TAHUN 2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
ILMILIA NURUL KHASANAH 23010180034.pdf Download (2MB) |
Abstract
Khasanah, Ilmilia Nurul. 2022. Pembinaan Sikap Tawasuth dan Toleransi pada Siswa SMK Negeri 3 Salatiga Tahun 2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci : Pembinaan, Sikap, Tawasuth, Toleransi Dalam penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) mendeskripsikan pembinaan sikap tawasuth dan toleransi pada siswa, (2) mendeskripsikan faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pembinaan sikap tawasuth dan toleransi, (3) mendeskripsikan implikasi pembinaan sikap tawasuth dan toleransi pada siswa di SMK Negeri 3 Salatiga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, sumber data yang diperoleh berasal dari sumber data primer yang berasal dari observasi dan wawancara kepada kepala sekolah, guru pendidikan agama Islam, dan sebagian siswa SMK Negeri 3 Salatiga. Sumber data lainnya yang diperoleh dari sumber data sekunder yang berasal dari observasi dan dokumentasi foto siswa SMK Negeri 3 Salatiga. Pada penelitian kali ini, informasi yang akan diperoleh dari satu orang kepala sekolah, dua guru pendidikan agama Islam, dan empat siswa SMK Negeri 3 Salatiga yang terdiri dari 2 orang siswa berasal dari jurusan Geomatika, dan 2 orang siswa berasal dari jurusan Mekatronika. Hasil dari penelitian ini menunjukkan, pertama pembinaan sikap tawasuth dan toleransi di SMK Negeri 3 Salatiga dilakukan dengan memonitoring peserta didik, pembelajaran, pembiasaan berbuat baik, kegiatan ekstrakulikuler, memberikan wawasan untuk menambah pondasi dan dasar keilmuan, mengenalkan cara berfikir yang sistematis dan logis, dan ditunjukan secara langsung dari guru. Kedua,faktor pendukung pembinaan sikap tawasuth dan toleransi di SMK Negeri 3 Salatiga adalah Pengawasan, kesadaran anak, dan Pembiasaan untuk hidup bersama, sedangkan faktor penghambat meliputi personalitas setiap peserta didik, doktrin ajaran agama masing-masing, dan pengaruh dunia digital. Ketiga, Implikasi pembinaan sikap tawasuth dan toleransi di SMK Negeri 3 Salatiga ialah menumbuhkan sikap menghormati orang lain, membangun rasa kebersamaan, pembentukan keharmonisan dan keakraban di lingkungan sekolah, memiliki jiwa sosial yang tinggi, terbiasa menjalankan ibadah, dan taat pada peraturan.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Aug 2022 22:00 |
Last Modified: | 19 Aug 2022 22:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14495 |
Actions (login required)
View Item |