STUDI KOMPARASI METODE YANBU’A DAN IQRA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN DI TPQ AT-TASLIMIYYAH SAMBAN KEC. BAWEN KAB. SEMARANG DAN TPQ AL-HUDA CALOMBO KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG

Nisa, Izatun (2015) STUDI KOMPARASI METODE YANBU’A DAN IQRA’ DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TULIS ALQURAN DI TPQ AT-TASLIMIYYAH SAMBAN KEC. BAWEN KAB. SEMARANG DAN TPQ AL-HUDA CALOMBO KEC. TUNTANG KAB. SEMARANG. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Izatun Nisa_11111156.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang ada atau tidaknya perbedaan antara kemampuan baca tulis Alquran yang menggunakan metode yanbu‟a dan iqra. Karena setiap metode memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing, salah satunya metode yanbu‟a dan iqra‟ dalam proses pembelajaran baca tulis Alquran. Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui metode yanbu‟a dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Alquran di TPQ At-Taslimiyyah Samban Kec. Bawen Kab. Semarang. (2) Untuk megetahui metode iqra‟ dalam meingkatkan kemampuan baca tulis Alquran di TPQ Al-Huda Calombo Kec. Tuntang Kab. Semarang. (3) Untuk mengetahui perbedaan antara metode yanbu‟a dan iqra dalam meingkatkan kemampuan baca tulis Alquran di TPQ At-Taslimiyyah Samban dan TPQ Al-Huda Calombo. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah anak TPQ At-Taslimiyyah dan TPQ Al-Huda dengan sampel 60 responden, 30 anak dari TPQ At-Taslimiyyah dan 30 anak dari TPQ Al-Huda. Teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data deskriptif, prosentase dan uji hipotesis dengan menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan baca tulis Alquran yang menggunakan metode yanbu‟a dengan prosentase tinggi 60%, sedang 37% dan rendah 3%. (2) kemampuan baca tulis Alquran yang menggunakan metode iqra dengan prosentase tinggi 30%, sedang 47% dan rendah 23%. Setelah di analisis menggunakan t-test diperoleh t o sebesar 3.83 yakni lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi 1% = 2.68. Apabila to ≤ ttabel, maka Ho diterima, oleh karena to > ttabel, ( 3.83 > 2.68 ) maka Ho ditolak. Dengan demikian berarti ada perbedaan secara signifikan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Feb 2016 04:16
Last Modified: 12 Feb 2016 07:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/145

Actions (login required)

View Item View Item