Implementasi Pembelajaran E-learning dengan Aplikasi Quizizz dan Whatsapp Grup dalam Pembelajaran Tematik kelas IV di MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022.

Saltam, Maulidini Arifat (2022) Implementasi Pembelajaran E-learning dengan Aplikasi Quizizz dan Whatsapp Grup dalam Pembelajaran Tematik kelas IV di MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_MAULIDINI ARIFAT_23040170100_PGMI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saltam, Maulidini Arifat. 2021. Implementasi Pembelajaran E-Learning dengan Aplikasi Quizizz dan WhatsApp Grup dalam Pembelajaran Tematik kelas IV di MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata kunci: pembelajaran e-learning; aplikasi Quizizz dan WhatsApp Grup; pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) proses pembelajaran e-learning dengan aplikasi Whatsapp Grup dalam pembelajaran tematik kelas IV di MI Negeri Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) apa dengan menggunakan aplikasi Quizizz pada pembelajaran tematik dapat membantu siswa kelas IV di MI Negeri Salatiga dalam memahami gambaran umum pembelajaran tematik. 3) apa faktor pendukung dan penghambat pembelajaran tematik dengan aplikasi Quizizz dan WhatsApp Grup pada siswa kelas IV MI Negeri Salatiga. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dari penelitian ini berupa hasil wawancara dengan guru kelas kelas IV, kepala sekolah dan murid kelas IV. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran tematik siswa kelas IV MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 yang diajar dengan menggunakan WhatsApp Grup termasuk dalam kategori media sosial yang bermanfaat sebagai media belajar dan sarana informasi, diskusi dan komunikasi bagi siswa terhadap proses pembelajaran. Selain itu faktor penentu keberhasilan suatu pembelajaran tidak terlepas dari media pembelajaran yang diterapkan guru kepada siswa, dimana guru harus mengetahui media apa yang cocok untuk digunakan dalam proses penyampaian materi. Seperti Quizizz pada pembelajaran tematik siswa kelas IV MI Negeri Salatiga tahun pelajaran 2021/2022 yang telah diketahui dapat membantu siswa dalam memahami gambaran umum pembelajaran tematik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Aug 2022 23:39
Last Modified: 21 Aug 2022 16:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14510

Actions (login required)

View Item View Item