PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IBADAH ZAKAT MELALUI METODE LEARNING TOGETHER DENGAN MEDIA APLIKASI MOODLE PADA SISWA SMP N 6 SALATIGAB TAHUN AJARAN 2021/2022

Saputro, Sigit (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MATERI IBADAH ZAKAT MELALUI METODE LEARNING TOGETHER DENGAN MEDIA APLIKASI MOODLE PADA SISWA SMP N 6 SALATIGAB TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Sigit Saputro 23010180037 ACC Fix.pdf

Download (3MB)

Abstract

Saputro, Sigit. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Materi Ibadah Zakat Melalui Metode Learning Together dengan Aplikasi Moodle Pada Siswa SMP N 6 Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Agus Purnomo, M. Eng. Kata Kunci: hasil belajar, learning together, e-learning, moodle. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil belajar PAI-BP pada siswa kelas IX SMP N 6 Salatiga, yang disebabkan beberapa faktor, diantaranya: rendahnya minat siswa selama mengikuti pembelajaran jarak jauh dan kurangnya keaktifan siswa dalam belajar, sehingga menyebabkan rendahnya nilai belajar siswa, hal ini dapat dilihat dari rendahnya nilai siswa pada sebelum penelitian ini dilakukan. Penerapan metode learning together dan e-learning berbasis aplikasi moodle dalam pembelajaran dapat membantu siswa dalam meningkatkan hasil belajar PAI-BP. Berdasarkan latar belakang di atas dapat ditarik rumusan masalah yaitu Apakah Penerapan metode learning together dengan media aplikasi moodle dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi ibadah zakat pada siswa SMP N 6 Salatiga?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah metode learning together dengan media aplikasi moodle dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti materi ibadah zakat pada siswa SMP N 6 Salatiga. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penulisan skripsi ini dengan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Dalam penelitian tindakan kelas dalam menganalisis data menggunakan dua jenis data, yang pertama yaitu data kuantitatif (nilai hasil belajar siswa) yang dapat dianalisis secara statistik deskriptif, dalam analisis ini biasanya untuk mencari nilai rerata dan mencari persentase keberhasilan mengajar. Yang kedua yaitu data kualitatif yaitu data yang berupa informasi yang berbentuk kalimat yang memberi gambaran mengenai tingkat pemahaman terhadap suatu mata pelajaran (kognitif), pandangan atau sikap terhadap metode pelajaran yang baru (afektif), aktivitas siswa mengikuti pelajaran, perhatian antusias dalam belajar, kepercayaan diri, motivasi belajar dan sejenisnya dapat dianalisis secara deskriptif Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar PAI-BP materi ibadah zakat dengan penerapan metode learning together dengan media aplikasi moodle pada siswa SMP N 6 Salatiga terdapat peningkatan, pada kondisi pra siklus siswa yang mencapai KKM hanya 7 siswa atau 25,92% sedangkan pada siklus I siswa yang mencapai ketuntasan nilai minimum (KKM) sebanyak 10 siswa atau 37,0%. Pada proses pembelajaran siklus II berlangsung, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I siswa yang mencapai KKM sebanyak 10 siswa atau 37,0% sedangkan pada siklus II siswa yang mencapai KKM sebanyak 26 siswa atau 96,2%, maka peneliti menghentikan penelitian karena hasil penelitian yang dilakukan dalam pembelajaran PAI-BP materi ibadah zakat dengan menggunakan metode learning together dengan media aplikasi moodle telah mencapai target yang telah ditetapkan yaitu 85%, maka dengan demikian penelitian ini dinyatakan berhasil dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2022 17:19
Last Modified: 22 Aug 2022 10:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14523

Actions (login required)

View Item View Item