HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV,V MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT TAHUN PELAJARAN 2021/2022

, Mulia Utami (2022) HUBUNGAN ANTARA KEDISIPLINAN DAN GAYA BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA SISWA KELAS IV,V MI MIFTAHUL HUDA LOPAIT TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Mulia Utami 23040180130 fixx...pdf

Download (4MB)

Abstract

Utami, Mulia. 2022. Hubungan antara Kedisiplinan dan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Kedisiplinan; Gaya Belajar; Hasil Belajar Matematika. Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kedisiplinan belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (2) Mengetahui gaya belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (3) Mengetahui hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (4) mengetahui hubungan antara kedisiplinan dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (5) mengetahui hubungan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022, (6) mengetahui hubungan antara kedisiplinan dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV,V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/202. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, kuesioner (angket) dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait. Analisis data menggunakan uji korelasi sederhana, uji korelasi ganda dan signifikansi koefisien korelasi ganda dengan bantuan SPSS versi 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Kedisiplinan siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait sebanyak 57 siswa atau berada pada kategori sedang (57%), (2) Gaya Belajar siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda sebagian besar mempunyai gaya belajar kinestetik sebesar 49,2%, (3) Hasil belajar matematika kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait sebanyak 43 siswa atau berada pada kategori sedang (68,3%), (4) Terdapat hubungan yang signifikan antara kedisiplinan dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,018 < 0,05, (5) Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi sebesar 0,551 > 0,05, (6) Terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara kedisiplinan dan gaya belajar dengan hasil belajar matematika pada siswa kelas IV dan V MI Miftahul Huda Lopait Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dibuktikan dengan hasil analisis korelasi ganda sebesar (R) sebesar 0,309 dengan interpretasi tingkat hubungan yang rendah, kemudian diuji signifikannya xvii menggunakan uji F dimana nilai F hitung 3,162 > F tabel 3,15, artinya apabila kedisiplinan dan gaya belajar siswa semakin tinggi dan bagus maka semakin tinggi pula hasil belajar yang dicapai.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2022 18:20
Last Modified: 22 Aug 2022 13:46
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14527

Actions (login required)

View Item View Item