PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Wulandari, Ninda (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CIRCUIT LEARNING BERBANTUAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA KELAS VIII SMP ISLAM SUDIRMAN KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NINDA WULANDARI 23060170092-skripsi fix.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui pengaruh model Circuit Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap hasil belajar siswa, (2) mengetahui pengaruh model Circuit Learning berbantuan media Mind Mapping terhadap kreativitas belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode PreExperimental Design, dengan desain yang digunakan adalah One-Group Pretest-Posttest Design. Sampel diambil secara purposive sampling yaitu pada kelas VIII yang berjumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Uji hipotesis dilakukan dengan uji t-test, koefisien korelasi dan juga regresi linier sederhana. Hasil penelitian berdasarkan analisis data dapat dilihat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata Pretest (57,33) dan Posttest (84). Hasil uji korelasi untuk menunjukkan adanya pengaruh yang cukup pada hasil belajar dengan nilai 0,554 dan nilai Sig. sebesar 0,032 < 0,05 antara dua variabel. Hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,032 dengan persamaan regresi yaitu Y = 8,137 + 0,779X. Artinya, menggunakan model Circuit Learning berbantuan Mind Mapping akan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa sebesar 0,779 setiap penambahan 1%. Uji koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 0,307 memiliki arti bahwa sebanyak 30,7% model Circuit Learning berbantuan Mind Mapping berpengaruh pada hasil belajar siswa. Analisis data kreativitas dapat dilihat perbedaan yang signifikan antara nilai rata-rata pada awal pembuatan mind mapping (54,9980) dan pada akhir pembuatan mind mapping (81,6620). Hasil uji korelasi untuk menunjukkan adanya pengaruh yang cukup pada kreativitas belajar dengan nilai 0,944 dan nilai Sig. sebesar 0,016 < 0,05 antara dua variabel. Hasil uji regresi linier sederhana menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,016 dengan persamaan regresi yaitu Y = 60,297 + 1,412 X. Artinya, menggunakan model Circuit Learning berbantuan Mind Mapping akan berpengaruh terhadap kreativitas belajar siswa sebesar 1,412 setiap penambahan 1%. Uji koefisien determinasi menghasilkan R Square sebesar 0,892 memiliki arti bahwa sebanyak 89,2% model Circuit Learning berbantuan Mind Mapping berpengaruh pada kreativitas belajar siswa.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Aug 2022 19:07
Last Modified: 22 Aug 2022 19:07
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14530

Actions (login required)

View Item View Item