Kuswantari, Nadea Niken Ayu (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MATERI LARANGAN MENDEKATI PERGAULAN BEBAS DAN PERBUATAN ZINA DENGAN METODE SNOWBALL THROWING BERBANTUAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS X MIPA 4 SMA N 1 TENGARAN TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
SKRIPSI NADEA NIKEN AYU KUSWANTARI 23010180042.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode snowball throwing berbantuan media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar aspek kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi Larangan Mendekati Pergaulan Bebas dan Perbuatan Zina pada siswa kelas X Mipa 4 di SMA N 1 Tengaran. Jenis penelitian ini ialah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research, dengan menggunakan pra siklus, siklus I, dan siklus II. Metode yang digunakan untuk menghimpun data dalam penelitian ini ialah metode tes tertulis, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode Snowball Throwing dipilih karena rendahnya hasil belajar siswa dan kurangnya semangat siswa di kelas selama mengikuti pembelajaran PAI, sebab Snowball Throwing merupakan kegiatan belajar sekaligus permainan pelemparan kertas dalam bentuk bola salju berisi pertanyaan. Model pembelajaran ini terpusat pada siswa (Student centered), sehingga siswa dituntut untuk aktif di kelas selama proses pembelajaran berlangsung. Penyampaian materi didalam kelas dibantu dengan memanfaatkan LCD dan Proyektor yang ada di dalam kelas, yaitu dengan Media Audio Visual, berupa penayangan video materi pembelajaran dari youtube yang menarik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada siswa kelas X Mipa 4 di SMA N 1 Tengaran Tahun Pelajaran 2021/2022. Hasil dari penelitian ini dapat dilihat dari rekapitulasi nilai pra siklus, siklus I, dan siklus II yang mengalami peningkatan ketuntasan belajar. Pra siklus memiliki data ketuntasan hasil belajar siswa yaitu 15 siswa yang tuntas atau dalam persentase 42,9%. Siklus I mengalami kenaikan ketuntasan hasil belajar sebanyak 7 siswa dengan persentase 20% jadi, jumlah siswa yang tuntas pada siklus I sebanyak 22 siswa dengan persentase 62,9%. Data ketuntasan siswa yang dimiliki siklus II yaitu sebanyak 32 siswa yang tuntas dan dalam persentasenya adalah 91,4% sehingga, dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan persentase siswa yang tuntas sebanyak 10 siswa atau persentasenya adalah 28,5%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Aug 2022 03:58 |
Last Modified: | 23 Aug 2022 09:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14544 |
Actions (login required)
View Item |