PEMBINAAN SIKAP DISIPLIN DAN MANDIRI PADA SISWA TUNANETRA DI SLB N SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

uktafiya, Nur (2022) PEMBINAAN SIKAP DISIPLIN DAN MANDIRI PADA SISWA TUNANETRA DI SLB N SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Uktafiya, Nur.2022. Pembinaan Sikap Disiplin dan Mandiri pada Anak Tunanetra di SLB N Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi. Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Agus Purnomo, M.Eng. Kata Kunci : sikap disiplin, mandiri dan tunanetra. Tujuan dalam penelitian ini (1) untuk mengetahui pembinaan sikap disiplin terhadap siswa tunanetra di SLB Negeri Salatiga, (2) untuk mengetahui sikap mandiri terhadap siswa tunanetra di SLB Negeri Salatiga, (3) untuk mengetahui metode pembinaan sikap disiplin dan mandiri terhadap siswa tunanetra, (4) untuk mengetahui proses pembinaan sikap disiplin dan mandiri terhadap siswa tunanetra, (5) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembinaan sikap disiplin dan mandiri terhadap tunanetra, (6) untuk mengetahui dampak pembinaan sikap disiplin dan mandiri terhadap siswa tunanetra. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan menggunakan sumber data primer dan data sekunder. Pengumpulan data yang digunakan meliputi obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, sedangkan pengecekan data melalui tringulasi. Hasil dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan : Pertama, pembinaan sikap displin dan mandiri pada siswa tunanetra di SLB Negeri Salatiga, disampaikan dengan metode ceramah, metode sorogan dan metode drille. kemudian guru melakukan pembinaan atau pembiasaan dengan menggunakan metode metode tersebut, yang dilaksanakan baik setiap hari maupun mingguan. pembinaan dan pembiasaan yang diterapkan di SLB Negeri Salatiga seperti Solat berjamaah, Ekstrakulikuler pramuka, tata cara berpakaian dengan sopan, mengucapkan salam, berdoa sebelum melaksanakan pembelajaran. Kedua, sikap disiplin dan sikap mandiri sudah menunjukkan perilaku terpuji. Contohnya seperti tata cara berpakaian dengan sopan dan datang ke sekolah tepat waktu. Ketiga, faktor penghambat dan pendukung dalam pembinaan sikap disiplin dan mandiri, faktor penghambat secara internal siswa dan guru. dari segi eksternal yaitu keluarga atau orang tua. faktor pendukung dari lingkungan sekolah dan fasilitas sekolah. karena adanya faktor faktor penghambat dan pendukung pembinaan sikap disiplin dan mandiri sangat penting dalam perkembangan sikap anak. maka dari itu dukungan dari keluarga, sekolah, guru dan lingkungan masyarakat itu sangat penting

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2022 15:08
Last Modified: 23 Aug 2022 15:08
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14549

Actions (login required)

View Item View Item