UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Azkia, Anida Milatul (2022) UPAYA GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENANAMKAN KARAKTER KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI SMK NEGERI 1 TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Anida Milatul Azkia 23010180216.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter kedisiplinan pada siswa di SMK Negeri 1 Tengaran. 2) untuk mengetahui upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter tanggung jawab pada siswa di SMK Negeri 1 Tengaran. 3) untuk mengetahui problematika guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab pada siswa di SMK Negeri 1 Tengaran. Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Subyek penelitian adalah guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara secara terstruktur dengan menyiapkan pertanyaan sendiri sesuai dengan permasalahan, observasi yang dilakukan dengan terjun langsung untuk mengamati kegiatan di SMK Negeri 1 Tengaran dan dokumentasi berupa arsip dan foto. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa upaya guru Pendidikan Agama Islam dalam menanamkan karakter kedisiplinan pada siswa meliputi: 1) memberikan nasihat atau arahan 2) pemberian keteladanan, 3) melakukan pembiasaan, 4) pemberian hukuman. Adapun upaya penanaman karakter tanggung jawab pada siswa adalah: 1) melalui kegiatan pembelajaran, siswa diwajibkan untuk mengerjakan tugas sebagai bentuk tanggung jawabnya dalam mengikuti kegiatan pembelajaran, 2) kegiatan ekstrakurikuler, di dalam kegiatannya terdapat muatan-muatan pendidikan karakter yang baik. 3) pemberian hukuman. 4) sarana dan prasarana yang mendukung. Adapun problematika yang dihadapi dalam menanamkan karakter kedisiplinan dan tanggung jawab pada siswa meliputi: 1) kurangnya kerjasama antara orang tua dengan guru, hal ini dapat dilakukan home visit untuk mengetahui keadaan siswa di rumah dan berkomunikasi langsung dengan orang tua 2) motivasi siswa yang rendah, para guru dan pihak sekolah berupaya untuk menumbuhkan motivasi siswa melalui berbagai kegiatan yang dapat mendorong siswa memiliki motivasi yang tinggi, 3) lingkungan yang kurang mendukung, hal ini dapat diatasi dengan memberikan pemahaman kepada siswa agar memiliki prinsip yang kuat supaya tidak terpengaruh oleh pergaulan dan lingkungan yang kurang baik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2022 16:04
Last Modified: 23 Aug 2022 09:06
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14555

Actions (login required)

View Item View Item