PENGARUH PROFITABILITAS, FINANCING RISK, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP TINGKAT EFISIENSI BANK SYARIAH DENGAN BANK SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2016-2021)

Tazkiya, Laela Nala (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, FINANCING RISK, DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO TERHADAP TINGKAT EFISIENSI BANK SYARIAH DENGAN BANK SIZE SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Pada Bank Umum Syariah di Indonesia yang Terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan periode 2016-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_LAELA NALA TAZKIYA (63010180147).pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pengaruh profitabilitas, financing risk, dan capital adequacy ratio terhadap efisiensi bank syariah yang kemudian menggunakan variabel bank size sebagai variabel moderasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Berdasarkan metode purposive sampling tersebut didapatkan sebanyak 72 sampel dari 12 Bank Syariah. Penelitian menggunakan teknik DEA dengan asumsi Variabel Return to Scale (VRS) output Oriented. Penelitian ini juga menggunakan analisis regresi data panel metode Fixed Effect Model (CEM) dengan software Eviews 9 yang memperoleh hasil bahwa ROA berpengaruh positif tidak signifikan terhadap efisiensi bank syariah, NPF juga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap efisiensi bank syariah, dan CAR berpengaruh positif signifikan terhadap efisiensi bank syariah. Kemudian untuk variabel moderasinya mendapatkan hasil bahwa bank size tidak dapat memoderasi pengaruh ROA dan NPF terhadap efisiensi bank syariah. Sedangkan bank size dapat memoderasi pengaruh CAR terhadap efisiensi bank syariah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 23 Aug 2022 18:44
Last Modified: 23 Aug 2022 11:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14561

Actions (login required)

View Item View Item