Bimbingan Kelompok dengan Terapi Istighfar untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MTs SA Al Mina Bandungan

, Shiella Nur Aulia Dewi Astuti Aji (2022) Bimbingan Kelompok dengan Terapi Istighfar untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik di MTs SA Al Mina Bandungan. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SHIELLA N.A.D.A.A 23080180004 - FikzZ_082839.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SHIELLA N.A.D.A.A 23080180004 - FikzZ_082839.pdf

Download (3MB)

Abstract

Aji, Shiella Nur Aulia Dewi Astuti. 2022. Bimbingan Kelompok Dengan Terapi Istighfar Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Peserta Didik Di MTs SA Al Mina Bandungan. Skripsi, Salatiga: Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd. I. Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Terapi Istighfar, Kecerdasan Emosional, Peserta Didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bimbingan kelompok dengan terapi Istighfar dapat meningkatkan kecerdasan emosional peserta didik di MTs SA Al Mina Bandungan Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan pola one group pretest and posttest yang memerlukan adanya tes sebelum dan sesudah adanya perlakuan tertentu. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket, dokumentasi, dan panduan bimbingan kelompok strategi istighfar pada subjek. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan sampel purposive sampling yaitu peserta didik di MTs SA Al Mina Bandungan yang memiliki kecerdasan emosional sedang. Sedangkan sampelnya ada 15 peserta didik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilaksanakannya bimbingan kelompok dengan terapi istighfar kecerdasan emosional pada peserta didik memperoleh skor rata-rata 57.67 atau jika dalam presentase 58% yang artinya masuk dalam kategori sedang, sedangkan setelah diberikannya layanan bimbingan kelompok dengan terapi istighfar kecerdasan emosional pada peserta didik memperoleh skor rata-rata 86.47 atau jika dalam presentase adalah 86% yang artinya masuk dalam kategori tinggi. Hal ini dibuktikan melalui uji sample paired t-test yang memperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05, sehingga dapat disimpulkan bahwa alternatif diterima.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Aug 2022 03:03
Last Modified: 23 Aug 2022 20:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14566

Actions (login required)

View Item View Item