BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI SHALAT DHUHA UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI DI MAN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

P, HANIFAH ZAHRA (2022) BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TERAPI SHALAT DHUHA UNTUK MENGATASI KECEMASAN SISWA MENGHADAPI UJIAN MASUK PERGURUAN TINGGI DI MAN WONOGIRI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_HANIFAHZAHRAPARAMUDITA23080180001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk melihat baagaimana pengaruh Bimbingan Klasikal dengan terapi Shalat Dhuha dapat mengatasi kecemasan siswa menghadapi ujian masuk Perguruan Tinggi. Peneliti menggunakan metode kuantitatif dengan jenis pre experimental design dan menggunakan desain One Group pretest-posttest. Sementara teknik analisis statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis tersebut adalah Paired Sample t-Test. Hasil yang didapatkan bahwa bimbingan klasikal dengan terapi Shalat Dhuha berpengaruh untuk mengatasi kecemasan siswa menghadapi ujian masuk Perguruan tinggi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan terapi Shalat Dhuha dapat mengatasi kecemasan siswa menghadapi ujian di MAN Wonogiri tahun ajaran 2021/2022 dengan menurunnya tingkat kecemasan siswa menghadapi ujian masuk perguruan tinggi di MAN Wonogiri. Dapat dilihat dari rata-rata (mean) sebelum diberi treatmen sebesar 48,9355 dan setelah diberi treatmen menurun menjadi 41,8710. Atau dalam presentase sebelum dilakukan treatment tingkat kecemasan siswa sebesar 62,91% turun menjadi 54,4%, yang artinya tingkat kecemasan turun sebesar 8,27%.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? BKI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Aug 2022 18:35
Last Modified: 25 Aug 2022 11:45
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14595

Actions (login required)

View Item View Item