STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI PADA PERUSAHAAN FELA TOUR TRAVEL DEMAK TAHUN 2020

firdaus, Janatul (2022) STRATEGI CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DALAM MEMPERTAHANKAN BISNIS DI MASA PANDEMI PADA PERUSAHAAN FELA TOUR TRAVEL DEMAK TAHUN 2020. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI JANATUL FIRDAUS.pdf

Download (3MB)
[img] Text
janatul firdaus 4302018005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan Strategi Customer Relationship Management Dalam Mempertahankan Bisnis Di Masa Pandemi Pada Perusahaan Fela Tour Travel Demak Tahun 2020. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif yang bersifat lapangan dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari Direktur, karyawan Fela Tour Travel dan alumni jamaah. Metode pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan kebasahan data dengan menggunakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan strategi customer relationship management dalam mempertahankan bisnis di masa pandemi pada perusahan Fela Tour Travel Demak Tahun 2020 berjalan sesuai dengan rencana dan tujuan. Hal ini terbukti melalui adanya faktor manusia dengan menekankan kepada karyawan tentang peran, tanggung jawab dan budaya, proses yang dilakukan oleh perusahaan mengidentifikasi serta membekali dan membimbing jamaah, teknologi yang digunakan dengan memanfaatkan media sosial. Faktor tersebut didukung dengan aspek operasi front office, operasi back office, hubungan bisnis dan kunci di dalam customer relationship management. Tolak ukur keberhasilan dari strategi yang diterapkan adalah bertambahnya jumlah jamaah dari tahun ke tahun dan jamaah merasa puas dengan fasilitas dan pelayanan yang di berikah oleh perusahaan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2022 14:43
Last Modified: 26 Aug 2022 12:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14612

Actions (login required)

View Item View Item