Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Unggul di SD Muhammadiyah Plus dan SD Islam Al-Azhar 22 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022

HUSEIN, AFIF (2022) Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Unggul di SD Muhammadiyah Plus dan SD Islam Al-Azhar 22 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
tesis afif husain cek.pdf

Download (4MB)

Abstract

Husein, Afif. 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Sekolah Unggul di SD Muhammadiyah Plus dan SD Islam Al-Azhar 22 Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2021/2022. Tesis. Salatiga: Program Pascasarjana IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing: Dr. Sa’adi, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menemukan kebijakan-kebijakan sekolah dalam membentuk karakter peserta didik melalui budaya sekolah unggul, (2) menemukan strategi yang digunakan dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan karakter melalui budaya sekolah unggul, (3) menemukan faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan pendidikan karakter berbasis budaya sekolah unggul. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, pengumpulan data menggunakan triangulasi data, untuk memeriksa keabsahan data melalui tiga cara yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Sementara, teknik analisis data dengan melakukan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis disampaikan melalui penyampaian data deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Kebijakan-kebijakan budaya sekolah yang mengandung nilai-nilai pendidikan karakter di SD Muhammadiyah Plus yaitu good public relation (budaya 5S), apel pagi, janji pelajar, salat dhuha, salat dzuhur berjamaah, dan yang lain. Sedangkan di SD Islam Al-Azhar 22 kota Salatiga yaitu upacara bendera, ikrar, pesantren ramadhan, salat dzuhur berjamaah, tahfidz, humanisme anak, dan yang lain. (2) Strategi yang digunakan SD Muhammadiyah Plus kota Salatiga yaitu berupa keteladanan seorang guru, pembuatan slogan atau yel-yel, pengawasan secara continue kepada siswa serta memberikan percontohan kegiatan yang positif. Sedangkan SD Islam Al-Azhar 22 kota Salatiga menerapkan strategi khusus yaitu dengan penerapan kurikulum adab, memberikan percontohan kepada peserta didik, memberikan reward, membut kata-kata mutiara atau selogan, pemantauan melalui orang tua atau teman sebaya dan membiasakan perilaku terpuji di lingkungan sekolah. (3) Faktor pendukung dari implementasi pendidikan karakter berbasis budaya sekolah unggul di SD Muhammadiyah Plus kota Salatiga yaitu kesamaan tujuan, sumber daya manusia, dan stakeholder. Untuk SD Islam Al-Azhar 22 kota Salatiga faktor pendukungnya yaitu sarana prasarana, stakeholder. Sedangkan untuk faktor penghambat di SD Muhammadiyah Plus yaitu orang tua peserta didik, motivasi peserta didik dan lingkungan. Untuk SD Islam Al-Azhar 22 kota Salatiga yaitu lingkungan luar dan orang tua peserta didik. Kata kunci: Pendidikan Karakter, Budaya Sekolah Unggul

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2022 18:06
Last Modified: 26 Aug 2022 12:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14621

Actions (login required)

View Item View Item