IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak)

Munawaroh, Junadatul (2022) IMPLEMENTASI SUPERVISI KLINIS DALAM PEMBELAJARAN FIQIH (Studi Kasus di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS JUNADATUL MUNAWAROH (12010200026).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Implementasi Supervisi Klinis dalam Pembelajaran Fiqih ( Studi Kasus di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ruwandi, M.A Penelitian ini dilakukan dikarenakan memiliki beberapa tujuan antara lain : 1) untuk menemukan dan menganalisis proses implementasi supervisi klinis dalam pembelajaran fiqih di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak; 2) untuk menemukan dan menganalisis kendala-kendala atau hambatan yang muncul Ketika proses implementasi supervisi klinis dalam pembelajaran fiqih berlangsung di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung Gajah Demak; 3) untuk menemukan dan menganalisis solusi yang disepakati kedua belah pihak dari hambatan yang muncul ketika proses implemenatsi supervisi klinis dalam pembelajaran fiqih berlangsung di MA Tarbiyatul Mubtadiin Wilalung. Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat naturalistik dan cenderung membutuhkan analisis dalam memperoleh data. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi baik saat proses supervisi maupun saat bimbingan oleh supervisor. Keabsahan data diperoleh melalui proses triangulasi baik triangulasi data, sumber, teknik, maupun waktu. Teknik analisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, display data, kemudian penarikan kesimpulan dan verifikasi data. Penelitian ini menghasilkan temuan bahwa : 1) proses implementasi supervisi klinis dalam pembelajaran Fiqih dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh pembelajaran yang berkualitas dengan indikator kesesuaian, memiliki daya Tarik, efektifitas, efisiensi, dan produktifitas pembelajaran; 2) hambatan yang dialami Ketika supervisi klinis dilakukan antara lain : guru kesulitan dalam merumuskan indikator kompetensi, menentukan metode yang tepat, pemanfaatan media yang minim, mengevaluasi dengan tepat; 3) solusi yang disepakati kedua belah pihak yakni antara supervisor dengan supervisie antara lain : guru lebih giat dan rajin dalam mengikuti MGMP baik yang diselenggarakan sekolah ataupun KKM, supervisor memberikan motivasi kepada guru, kepala sekolah mendelegasikan tutor sebaya yakni guru yang sudah S2 untuk membimbing dan mengarahkan, mengupayakan sarana dan prasarana guna keefektifan pembelajaran, menerapkan disiplin terhadap tata tertib guru, melakukan evaluasi ketenagaan. Kata kunci : Implementasi, Supervisi Klinis, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2022 20:27
Last Modified: 26 Aug 2022 20:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14623

Actions (login required)

View Item View Item