PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN BERBANTU VIDEO SCRIBE DI KELAS V SDN KEBONDOWO 03TAHUN PELAJARAN 2021/2022

, Sheley hamaydatus shokiatul ulia (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KALOR MENGGUNAKAN METODE PERCOBAAN BERBANTU VIDEO SCRIBE DI KELAS V SDN KEBONDOWO 03TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SHELEY HAMAIDATUS S U 23040180031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Hamaidatus, S.U, Sheley. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kalor Menggunakan Metode Percobaan Berbantu Video Scribe Di Kelas V SDN Kebondowo 03 Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Fatkhur Rozi, M.Pd. Kata kunci: Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), Metode Percobaan dan Media video scribe. Hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) di SDN Kebondowo 03 khususnya kelas V masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan kurangnya motivasi anak dan juga penggunaan metode dan media yang kurang sesuai sehingga siswa kurang aktif dan kurang memperhatikan penjelasan guru, sehingga pencapaian hasil belajar siswa belum memenuhi KKM 70. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penggunaan metode percobaan berbantu video scribe dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kalor pada kelas V SDN Kebondowo 03 tahun pelajaran 2021/2022?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi kalor menggunakan metode percobaan berbantu video scribe di kelas V SDN Kebondowo 03 tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dengan dua siklus. Siklus I dilaksanakan pada tanggal 21 Mei 2022 dan siklus II dilaksanakan pada 25 Mei 2022. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Kebondowo 03 dengan jumlah 10 siswa yang terdiri dari 6 siswa laki-laki dan 4 siswa perempuan. Instrumen penelitian ini berupa RPP, lembar observasi, lembar tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥ 85% siswa tuntas belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan metode percobaan berbantu video scribe dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi kalor pada siswa kelas V SDN Kebondowo 03 tahun pelajaran 2022. Peningkatan siswa yang tuntas hasil belajar dari Pra Siklus ke Siklus I 45% dan Siklus I ke Siklus II 22%. Hal ini dapat dilihat dari ketuntasan hasil belajar siswa pada Pra Siklus memiliki rata-rata klasikal sebesar 20%, Siklus I sebesar 50%, dan Siklus II sebesar 90%. Siswa telah mencapai KKM secara klasikal 90%. Siswa yang belum tuntas pada Siklus II akan diberikan tindakan mandiri berupa latihan-latihan atau remidial yang dipantau oleh guru sehingga diharapkan semua siswa dapat tuntas belajar pada materi kalor.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2022 20:52
Last Modified: 26 Aug 2022 13:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14624

Actions (login required)

View Item View Item