STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN RELIGIOSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SUMOWONO KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

NURSAFITRI, ALIF (2022) STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN RELIGIOSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMPN 1 SUMOWONO KAB. SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Alif Nursafitri 23010180142.pdf

Download (1MB)

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat beberapa tujuan penelitian, yaitu: (1) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan religiositas siswa di SMPN 1 Sumowono Kab. Semarang tahun ajaran 2021/2022. (2) Untuk mengetahui strategi guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Sumowono Kab. Semarang tahun ajaran 2021/2022. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dalam meningkatkan religiositas dan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Sumowono Kab. Semarang tahun ajaran 2021/2022. (4) Untuk mengetahui faktor penghambat dalam meningkatkan religiositas dan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Sumowono Kab. Semarang tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini menggunakan beberapa prosedur pengumpulan data yaitu dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru dan siswa SMPN 1 Sumowono. Dalam teknik analisis data yang digunakan melalui beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Kemudian dilanjutkan dengan mengecek keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan religiositas siswa di SMPN 1 Sumowono yaitu dengan menggunakan berbagai strategi pembelajaran dengan menerapkan metode pembelajaran yang beragam dan mengadakan kegiatan yang menunjang yaitu melalui pembiasaan dan kegiatan kegamaan. (2) strategi yang digunakan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMPN 1 Sumowono yaitu dengan menggunakan teknik-teknik pendekatan tertentu. (3) Faktor pendukung dalam meningkatkan religiositas dan motivasi belajar di SMPN 1 Sumowono meliputi faktor internal berupa kesadaran diri siswa, cita-cita, dan kemampuan yang dimiliki siswa serta faktor eksternal yaitu lingkungan yang kondusif dan positif, orang tua suportif, komitmen warga sekolah, dan fasilitas yang memadai. (4) Faktor penghambat dalam meningkatkan religiositas dan motivasi belajar di SMPN 1 Sumowono yakni faktor internal meliputi kondisi siswa dan sisi eksternal yaitu lingkungan, latar belakang siswa yang berbeda-beda, serta Gadget (handphone) dan televisi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Aug 2022 23:00
Last Modified: 30 Aug 2022 13:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14628

Actions (login required)

View Item View Item