ANALISIS ISI KONTEN KANAL YOUTUBE MAJELIS LUCU INDONESIA PADA BAGIAN DEBAT KUSIR SESI 5 TENTANG PENISTAAN AGAMA TERHADAP REGULASI YOUTUBE.

Prasetyo, Muhamad Farkhan (2022) ANALISIS ISI KONTEN KANAL YOUTUBE MAJELIS LUCU INDONESIA PADA BAGIAN DEBAT KUSIR SESI 5 TENTANG PENISTAAN AGAMA TERHADAP REGULASI YOUTUBE. [UNSPECIFIED]

[img] Text
REVISI Muhamad Farkhan Prasetyo.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis konten channel youtube MLI yang berisi tentang penistaan agama pada bagian debat kusir season 5 terhadap kebijakan regulasi youtube. Metode yang digunakan ini adalah jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Informan penelitian ini adalah Chief Manager, komentar netizen, dan konten debat kusir#5, kemudian data sekundernya yaitu berupa dokumen resmi pedoman komunitas youtube dan foto screenshoot channel youtube Majelis Lucu Indonesia serta foto-foto screenshoot konten debat kusir#5. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan ovservasi secara online dan offline, wawancara, dokumentasi, dan hasil penelitian di analisis, pengecekan keabsahan data, dan triangulasi: triangulasi sumber, metode dan teori, kemudian ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, analisis dan pengolahan data yang telah penulis lakukan. Channel youtube Majelis Lucu Indonesia konten debat kusir#5, jika dikorelasikan dengan pedoman komunitas yang telah dibuat oleh youtube maka pada konten ini tidak mengandung unsur yang melanggar pedoman komunitas youtube. Hal tersebut dibuktikan dengan tayangan yang ada pada menit ke 4.15, pada penayangan tersebut dijelaskan bahwasannya kedua aktor pembawa konten tersebut tidak mengejek atau menista suatu agama, pada tayangan tersebut hanya terfokus pada tayangan atau konten yang ada pada channel Atta Halilintar dan pada tayangan tersebut tidak menyerang secara pribadi, namun menyerang pada kontennya saja, yang dimana konten pada channel Atta Halilintar melakukan pembuatan konten didalam masjid, lalu diberikan sebuah cuplikan berupa komentar tayangan yang dipublikasikan oleh Atta Halilintar tersebut.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Seni dan Olah Raga
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2022 20:00
Last Modified: 29 Aug 2022 13:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item