STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN RELIGIOSITAS DI SMPLB WANTUWIRAWAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022

NISRINA, NAIS JIHAN (2022) STRATEGI GURU PAI DALAM PEMBINAAN AKHLAK DAN RELIGIOSITAS DI SMPLB WANTUWIRAWAN SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
NAIS JIHAN NISRINA (23010180270).pdf

Download (2MB)

Abstract

Strategi guru dalam membinan akhlak dan religiositas di SMPLB Wantuwirawan Salatiga terkhusus kelas A atau tunanetra sangat berbeda untuk menciptakan generasi berakhlak yang baik. Permasalahan yang terjadi orang tua mengeluhkan perilaku anak di rumah yang kurang baik pada guru SMPLB ini, mereka menghiraukan nasihat orang tua karena cara penyampaian yang berbeda dan sedikit kasar maka dari itu mereka lebih mendengarkan perkataan orang yang mereka sukai seperti halnya guru. Perkataan dan nasihat guru sangat berpengaruh untuk anak didik atau siswa SMPLB-A Wantuwirawan Salatiga untuk menerapkan perilaku yang baik. Era perkembangan zaman yang semakin maju menuntun guru untuk terus kreatif dalam membina siswa, terlebih siswa yang memiliki latar belakang yang berbeda, memiliki kebiasaan dan prilaku yang berbeda pula, sehingga guru dapat menerapkan strategi pembinaan akhlak dan religiositas yang sesuai dengan siswa SMPLB-A Wantuwirawan Salatiga tahun ajaran 2021/2022. Peneliti bertujuan (1) Untuk mengatahui dan mempelajari strategi yang digunakan guru PAI SMPLB Wantuwirawan dalam membina akhlak anak tunanetra. (2) untuk mengetahui faktor pendukung dalam membina akhlak yang religius anak tunanetra SMPLB Wantuwirawan Salatiga. (3) untuk mengetahui hambatan yang dihadapi guru PAI untuk menerapkan strategi pembinaan akhlak pada anak tunanetra di SMPLB Wantuwirawan Salatiga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan kualitatif menitik beratkan pada aspek pemahaman secara mendalam terhadap suatu masalah bertujuan untuk mengetahui strategi yang diterapkan guru atau pendidik di SMPLB-A Wantuwirawan salatiga, serta faktor pendukung dan penghambat dari strategi yang digunakan. Hasil dari penelitian yang dilaksanakan peneliti terkait strategi dan upaya yang dilakukan pendidik SMPLB-A Wantuwirawan Salatiga dalam membina akhlak dan religiositas, yakni: (1) strategi menggunakan metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasihat, serta menggunakan metode pendekatan perhatian. (2) adapun faktor pendorong dari strategi ini adalah: peran orangtua dalam membina akhlak, faktor lingkungan, sarana dan prasarana sekolah. (3) faktor penghambat: tenaga pendidik yang terbatas, kurangnya perhatian dan waktu orangtua, dan gadget/handphone.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 27 Aug 2022 22:55
Last Modified: 27 Aug 2022 22:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14633

Actions (login required)

View Item View Item