KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA NARAPIDANA PECANDU NARKOBA YANG MENGALAMI RELAPSE (STUDI KASUS DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B SALATIGA)

Wati, Sania Rahma (2022) KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA NARAPIDANA PECANDU NARKOBA YANG MENGALAMI RELAPSE (STUDI KASUS DI RUMAH TAHANAN NEGARA KELAS II B SALATIGA). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_ SANIA R.W_ 156_PSIKOLOGIS ISLAM.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sania, Rahma, Wati. 2022. Kesejahteraan Psikologis Pada Narapidana Pecandu Narkoba Yang Mengalami Relapse (Studi Kasus Di Rumah Tahanan Kelas II B Salatiga). Skripsi, Fakultas Dakwah, Program Studi Psikologi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing Aufa Abdillah, M.Psi. Kata Kunci : Kesejahteraan Psikologis, Narapidana Pecandu Narkoba, Relapse Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dinamika kesejahteraan psikologis serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis narapidana pecandu narkoba yang mengalami relapse di Rumah Tahanan Kelas II B Salatiga. Jenis penelitian ini adalah termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah tiga responden dengan kriteria narapidana narkoba yang berstatus tahanan dan sudah pernah mengalami relapse (kambuh) minimal satu kali dan juga sumber data informan yang merupakan pembina Rumah Tahanan Negara Salatiga. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara dan observasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwasanya bentuk dinamika kesejahteraan psikologis narapidana narkoba yang mengalami relapse menunjukkan hasil yang positif. Responden mampu menerima dirinya, menjalin hubungan hangat dengan orang lain, memiliki kemandirian namun ada responden yang belum memiliki kemandirian dalam menyelesaikan masalah, mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan sekarang, memiliki tujuan hidup. Terdapat juga dua faktor yang mempengaruhi kesejahteraan psikologis ketiga responden yaitu dukungan sosial baik dari teman sesama tahanan, Pembina, dan keluarga serta evaluasi dari pengalaman hidup menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Aug 2022 02:14
Last Modified: 29 Aug 2022 19:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14654

Actions (login required)

View Item View Item