PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN ENTERPRENEUR DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN TAHUN 1977-2000

Aminah, Siti (2022) PERKEMBANGAN SISTEM PENDIDIKAN ENTERPRENEUR DI PONDOK PESANTREN SUNAN DRAJAT PACIRAN LAMONGAN TAHUN 1977-2000. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI_SITI AMINAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Aminah, siti. 2022. Perkembangan sistem pendidikan enterpreneur di pondok pesantren sunan drajat paciran lamongan tahun 1976-2000. Skripsi. Salatiga: Program Studi Sejarah peradaban islam, fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora, Institut Agama Islam Negeri salatiga 2022. Pembimbing: Prof. Dr. Budihardjo, M. Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1.) Perkembangan pendidikan pondok pesantren sunan drajat. 2.) Penghambat dan jalur keluar pondok pesantren sunan drajat. 3.) Hasil dari perkembangan pendidikan sunan drajat. Diera modern ini terjadi persaingan kehidupan dalam dunia pendidikan. Lembaga pendidikan ini mulai menerapkan program pengembangan peserta didik supaya bisa berkompetisi di masyarakat. Dengan begitu pendidikan pondok pesantren sunan drajat, juga mulai menerapkan pendidikan yang mempunyai pengaruh terhadap pendidikan santri. Ada beberapa pondok pesantren yang menerapkan program tersebut salah satunya yaitu sunan drajat. Pondok pesantren sunan drajat menerapkan pendidikan entrepreneur atau wirausaha dengan tujuan untuk mendidik dan mengembangkan bakat santri. Skripsi ini menggunakan metode penelitian sejarah dengan menggunakan metode heuristik (pengumpulan sumber), verifikasi atau kritik sumber (yang terdiri dari kritik ektern dan intern), interpretasi (penafsiran sumber), dan historiografi (penulisan sejarah). Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan, studi lapangan atau wawancara dan studi kearsipan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah ada dua cara yang ditempuh pondok pesantren sunan drajat dalam mendidik bakat entrepreneur santri. Cara tersebut adalah melewati pendidikan dan praktik lapangan. Adapun dengan sistem pendidikan adalah dengan pendidikan formal, hal ini di wujudkan dalam bentuk sekolah SMK NU paciran, SMK sunan drajat. Sedangkan dalam bentuk pendidikan nonformal adalah Madrasah Diniyah Sunan Drajat, MQ, LPBA. Adapun faktor penghambat dalam program ini adalah sarana. Kata Kunci: Perkembangan, sejarah, pendidikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Sejarah Islam
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 31 Aug 2022 20:56
Last Modified: 31 Aug 2022 20:56
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14683

Actions (login required)

View Item View Item