PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL AKUN TRAVELLING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG NETIZEN KE DESTINASI WISATA RELIGI (Studi pada Netizen Instagram di Daerah Semarang)

Rahmadhani, Ainur Rika (2022) PENGARUH TERPAAN MEDIA SOSIAL AKUN TRAVELLING TERHADAP MINAT BERKUNJUNG NETIZEN KE DESTINASI WISATA RELIGI (Studi pada Netizen Instagram di Daerah Semarang). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI AINUR RIKA RAHMADHANI.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini membahas seberapa besar pengaruh terpaan media sosial akun travelling terhadap minat berkunjung netizen ke destinasi wisata religi. Dalam penelitian ini terdapat tiga rumusan, yaitu: seberapa besar tingkat terpaan media sosial akun travelling? seberapa besar tingkat minat berkunjung netizen ke destinasi wisata religi? apakah terpaan media sosial akun travelling berpengaruh terhadap minat berkunjung netizen ke destinasi wisata religi? Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif berdasarkan pendekatan positivisme. Populasi pada penelitian ini tidak diketahui, maka dihitung menggunakan rumus Lemeshow untuk mengetahui sampel yang dibutuhkan, dari perhitungan rumus didapatkan sebesar 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar melalui google form. Adapun teknik analisis data yang digunakan dengan bantuan SPSS yaitu teknik anallisis regresi linear sederhana. Sebelum melakukan analisis data, penulis melakukan uji prasyarat terlebih dahulu menggunakan uji normalitas, uji linearitas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Terpaan media pada netizen Instagram di Daerah Semarang dalam kategori rendah sebesar 16%, kategori sedang sebesar 45%, dan kategori tinggi sebesar 39%. 2) Minat berkunjung ke destinasi wisata religi mayoritas dalam kategori rendah sebesar 12%, kategori sedang sebesar 48%, dan kategori tinggi sebesar 40%. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara terpaan media sosial akun travelling terhadap minat berkunjung netizen ke destinasi wisata religi dengan signifikansi sebesar 0,000 (< 0,05) dan terpaan media sosial akun travelling memiliki pengaruh terhadap minat berkunjung netizen ke destinasi wisata religi sebesar 46,5%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Sep 2022 03:17
Last Modified: 01 Sep 2022 03:17
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14686

Actions (login required)

View Item View Item