IMPLEMENTASI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI TERHADAP KEUTUHAN RUMAH TANGGA PASANGAN USIA MUDA (Studi Kasus Di Desa Sugihan Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri)

Anandari, Regia (2022) IMPLEMENTASI HAK DAN KEWAJIBAN SUAMI ISTRI TERHADAP KEUTUHAN RUMAH TANGGA PASANGAN USIA MUDA (Studi Kasus Di Desa Sugihan Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Regia Anandari 33010170015.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Anandari Regia. 2022. Implementasi Hak Dan Kewajiban Suami Istri Terhadap Keutuhan Rumah Tangga Pasangan Usia Muda(Studi Kasus Di Desa Sugihan Kecamatan Jatiroto Kabupaten Wonogiri). Skripsi Fakultas Syari’ah Program Studi Hukum Keluarga Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Cholida Hanum, M.H. Kata Kunci : Pernikahan, Usia Muda Pernikahan tidak selalu berjalan sesuai dengan keinginan kita yang mengharapkan. Rumah tangga tidak selalu bahagia dan baik-baik saja. Adakalanya rumah tangga diguncang konflik antara suami dan istri. Kebanyakan warga sugihan menikahkan anaknya diusia yang masih muda dengan rata-rata umur 17 tahun sampai 23 tahun. Adapun Rumusan Masalah dalam Penelitian ini adalah bagaimana implementasi hak dan kewajiban suami istri dan bagaimana keutuhan rumah tangga pasangan muda di Desa Sugihan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif, pendekatan dalam penelitian ini adalah yuridis empiris. Data dalam penelitian ini diperoleh dari primer dan data sekunder. Dalam pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Implementasi adalah melaksanakan sesuatu tindakan yang telah direncanakan. Dalam hal ini implementsi hak dan kewajiban suami istri adalah melaksanakan tanggung jawab dan melaksanakan peran sebagai suami atau istri sebagaimana mestinya. Pasangan suami istri di desa sugihan belum sepenuhnya mengimplementasikan hak dan kewajiban. Pasangan suami istri usia muda di Desa Sugihan belum sepenuhnya memenuhi hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga. Tidak dipenuhinya hak dan kewajiban suami istri ini berpengaruh terhadap keutuhan rumah tangga. Akan tetapi pasangan usia muda di Desa Sugihan mampu mempertahankan keutuhan rumah tangganya karena mereka selalu berusaha melaksanakan hak dan kewajibannya dengan baik, apabila terjadi konflik maka diselesaikan dengan cara saling berkata jujur, memahami keinginan satu sama lain, berkomunikasi dengan baik dan bersikap sabar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Sep 2022 16:52
Last Modified: 02 Sep 2022 09:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14698

Actions (login required)

View Item View Item