Rahma, Amalia (2022) PENGARUH EFIKASI AKADEMIK DAN RESILIENSI TERHADAP KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN SBMPTN DI SMA MBS ZAM-ZAM KABUPATEN CILONGOK. [UNSPECIFIED]
Text
Amalia Rahma (43040180080) Psikologi Islam S1.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui adakah pengaruh efikasi akademik terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian SBMPTN. 2) Untuk mengetahui adakah pengaruh resiliensi terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian SBMPTN. 3) Untuk mengetahui adakah pengaruh antara efikasi akademik dan resiliensi terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian SBMPTN. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 215 siswa SMA MBS Zam-Zam Cilongok dan sampel yang digunakan 43 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sedangkan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Teknik ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh efikasi akademik terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian SBMPTN, dengan hasil signifikansi sebesar 0,32 > 0,05. (2) tidak terdapat pengaruh resiliensi terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian SBMPTN, hasil signifikansi sebesar 0,51 > 0,05. (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara efikasi akademik dan resiliensi terhadap kecemasan dalam menghadapi ujian SBMPTN. Berdasarkan hasil perhitungan diketahui nilai signifikan pengaruh X1 dan X2 secara simultan berpengaruh terhadap Y adalah 0,001 < 0,05 dan nilai F hitung sebesar 9,214 > F tabel sebesar 3,23, dengan pengaruh R Square sebesar 31,5%.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Psikologi Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Sep 2022 16:53 |
Last Modified: | 02 Sep 2022 09:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14699 |
Actions (login required)
View Item |