Sa'diyah, Ni'matus (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR FIQIH MATERI SALAT JAMAK DAN QASAR DENGAN METODE MAKE A MATCH DAN MODELLING THE WAY PADA SISWA KELAS VII B MTs SILAHUL ULUM ASEMPAPAN TRANGKIL PATI TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]
Text
Ni'matus Sa'diyah 23010180050-1.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sa’diyah, Ni’matus. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Fiqih Materi Salat Jamak dan Qasar dengan Metode make a match dan modelling the way Pada Siswa Kelas VII B MTs Silahul Ulum Asempapan Trangkil Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Asdiqoh, M. Si Kata Kunci: Hasil Belajar, Fiqih, Make A Match, Modelling The Way Penelitian ini bertujuan guna mengetahui penerapan metode make a match dan modelling the way dapat meningkatkan hasil belajar siswa materi salat jamak dan qasar pada kelas VII B MTs Silahul Ulum Asempapan tahun ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunaan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B dengan jumlah 39 siswa. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan tes, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs Silahul Ulum Asempapan dijelaskan bahwasannya metode pembelajaran make a match dan modelling the way yang telah diterapkan dalam pembelajaran selama dua siklus, mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih materi salat jamak dan qasar di kelas VII B tahun ajaran 2021/2022. Peningkatan hasil belajar dapat dibuktikan dengan nilai siswa yang telah mencapai KBM yang telah ditentukan sebesar 75, hal ini dapat dilihat selama pra siklus hingga siklus II berlangsung siswa terus mengalami peningkatan. Pada Pra siklus yang semula terdapat 22 siswa atau 56,41% yang tuntas dari KBM, kemudian pada siklus I terjadi peningkatan jumlah siswa yang memperoleh nilai diatas KBM yaitu sebanyak 28 siswa atau 71,79% dan pada siklus II sebanyak 34 siswa atau 87,17% yang telah mencapai KBM. Terjadi peningkatan ketuntasan nilai pra siklus dan siklus I sebanyak 15,38% kemudian dari siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 14,38%. Pada siklus II masih ada 5 siswa yang belum tuntas karena belum mencapai KBM dikarenakan peserta didik tidak aktif dalam pembelajaran dan kurang memperhatikan serta tidak khusyu’ dalam mempraktikan salat. Adapun perbaikan yang digunakan yaitu siswa mengerjakan tugas remidial. Melihat data yang di peroleh selama pembelajaran berlangsung, penelitian yang dilaksanakan pada siswa kelas VII B di MTs Silahul Ulum Asempapan dapat dijadikan sebagai bahan acuan atau referensi dalam pembelajaran agar menjadi lebih baik.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 20:58 |
Last Modified: | 06 Sep 2022 13:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14728 |
Actions (login required)
View Item |