INTAN, DEWI NUR (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI MENGHINDARI AKHLAK TERCELA MELALUI METODE MAKE A MATCH DAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS YASINTA KOTA SALATIGA TAHUN AJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
DEWI NUR INTAN 23010180235.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya penerapan dan seberapa besar peningkatan hasil belajar kognitif setelah menggunakan metode Make A Match dan media audio visual dalam mata pelajaran Akidah Akhlak materi Menghindari Akhlak Tercela pada peserta didik kelas VIII MTs Yasinta Kota Salatiga Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dengan metode Make A Match dan media audio visual. Subjek penelitian sebanyak 16 siswa. Metode pengumpulan datanya menggunakan metode observasi, dokumentasi dan tes. Setiap siklus terdiri dari : perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode Make A Match dan media audio visual yaitu dengan pengamatan video pembelajaran dan setelah itu peserta didik kelas VIII dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok pertanyaan dan jawaban yang setelahnya dibagikan kartu sebagai proses penerapan metode Make A Match. Setelah itu siswa masing-masing mencari pasangan jawabannya. 2) Adanya peningkatan hasil belajar aspek kognitif dalam mata pelajaran Akidah Akhlak Materi Menghindari Akhlak Tercela melalui metode Make A Match dan media audio visual pada peserta didik kelas VIII MTs Yasinta Tahun Ajaran 2021/2022 tersebut menunjukkan keberhasilan dalam proses pembelajaran.3) Peningkatan hasil belajar aspek kognitif pada mata pelajaran Akidah Akhlak Materi Menghindari Akhlak Tercela melalui metode Make A Match dan media audio visual pada peserta didik kelas VIII MTs Yasinta Tahun Ajaran 2021/2022 terhitung besar dan signifikan yaitu pada pra siklus diperoleh data siswa yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 44% dan belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 56%. Pada siklus I yang tuntas sebanyak 7 siswa atau 44% dan belum tuntas sebanyak 9 siswa atau 56%, meskipun hasil siklus I dengan hasil pra siklus sama akan tetapi terdapat hal yang membedakannya yaitu pada siklus I peserta didik lebih paham dengan materi yang diajarkan dibuktikan dengan nilai rata-rata yang lebih tinggi Pada siklus II, diperoleh data siswa yang tuntas sebanyak 16 siswa atau 100%.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 05 Sep 2022 21:04 |
Last Modified: | 05 Sep 2022 21:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14729 |
Actions (login required)
View Item |