PERBANDINGAN MODEL MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTS RIYADLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022

FIKRIYAH, (2022) PERBANDINGAN MODEL MISSOURI MATHEMATIC PROJECT (MMP) DENGAN MODEL KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR KELAS VIII DI MTS RIYADLOTUT THALABAH SEDAN REMBANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FIKRIYAH 23070180050 Skripsi fiks.pdf

Download (9MB)

Abstract

Fikriyah. 2022. Perbandingan Missouri Mathematic Project (MMP) Dengan Model Konvensional terhadap Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Di MTs Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi, Salatiga: Program studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mufiq, S.Ag., M.Phil. Kata Kunci: Perbandingan; Model Missouri Mathematic Project; Model Konvensional, Hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pretest siswa dengan model konvensional dan model pembelajaran missouri mathematic project serta mengetahui perbedaan posttest siswa dengan model pembelajaran konvensional dan model pembelajaran missouri mathematic project pada kelas VIII materi bangun ruang sisi datar di MTs Riyadlotut Thalabah Sedan Rembang Tahun 2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif jenis experiment berupa Quasi Experiment Design dengan desain Non-equivalent design. Sampel yang digunakan dalam penelitian adalah kelas VIII dengan teknik pengambilan sampel yaitu menggunakan purposive sampling dimana 1 kelas sebagai kelas kontrol dan 1 kelas sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes, serta dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji independent sampel t test setelah dilakukan prasyarat uji normalitas dan uji homogenitas menggunakan aplikasi SPSS 26. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan uji hipotesis independent sampel t test menggunakan aplikasi SPSS 26, diperoleh hasil belajar pretest kelas kontrol maupun eksperimen memiliki nilai Sig.>0,05 ((0,760>0,05) yang artinya antara kelas kontrol dan kelas eksperimen tidak terdapat perbedaan hasil belajar pretest yang signifikan. Hal ini berarti kemampuan awal kelas kontrol dan kelas eksperimen adalah sama. Kemudian berdasarkan uji hipotesis pada hasil belajar posttest kelas kontrol dan kelas eksperimen setelah diterapkan model konvensional dan Missouri mathematic project, diperoleh bahwa nilai Sig.<0,05 (0,033<0,05) sehingga dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar siswa pada kelas kontrol dan kelas eksperimen dimana model missouri mathematic project memiliki hasil yang lebih baik daripada model konvensional.  

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? MAT ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Sep 2022 21:24
Last Modified: 05 Sep 2022 14:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/14731

Actions (login required)

View Item View Item